SIMAK 7 TANDA MASA SUBUR PRIA YUK

January 23, 2024 | Dea

waktu subur pria, kapan masa subur pria, masa subur laki laki, kesuburan pada pria, usia subur untuk pria, batas usia kesuburan pria, ciri laki laki subur, kesuburan pria, yesdok

Sobat Yesdok, masa subur pria sangat penting untuk proses reproduksi dan kesehatan reproduksi pasangan. Menjaga kesehatan sistem reproduksi pria dan sperma dapat memainkan peran penting dalam kesuksesan konsepsi. Ini akan membahas tujuh tanda masa subur pria.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

7 Tanda Masa Subur Pria

Kemungkinan untuk hamil dengan pasangan lebih tinggi selama masa subur pria. Kesehatan sperma dan fungsi sistem reproduksi pria sangat mempengaruhi kemampuan untuk membuahi sel telur dan mendukung kehamilan.

Berikut ini beberapa tanda masa subur pria, antara lain:
 

1. Jumlah dan Kualitas Sperma

Jumlah dan kualitas sperma sangat penting. Jumlah sperma di bawah 15 juta per mililiter ejakulat dapat mengurangi kemungkinan konsepsi berhasil, menurut penelitian NCBI.
 

2. Gerakan Sperma (Motilitas)

Sperma yang sehat memiliki kemampuan bergerak yang baik. Namun, motilitas sperma yang rendah dapat menghalangi sperma untuk mencapai dan membuahi sel telur.
 

3. Morfologi Sperma

Bentuk dan struktur sperma adalah bagian dari morfologi sperma. Sperma dengan bentuk normal lebih mungkin membuahi sel telur.
 

4. Kadar Hormon Testosteron yang Sehat

Untuk produksi sperma, keseimbangan hormon, khususnya testosteron, sangat penting. Kadar testosteron yang sehat mendukung produksi sperma yang cukup.
 

5. Faktor Risiko Penyakit Menular Seksual (PMS)

Kesehatan sperma dapat dipengaruhi oleh infeksi pada saluran reproduksi. Mencegah dan mengobati infeksi, terutama penyakit menular seksual, dapat membantu kesehatan reproduksi pria.
 

6. Gaya Hidup Sehat

Kesehatan sperma dapat diperbaiki dengan menjalani gaya hidup sehat, yang melibatkan makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari alkohol dan merokok.
 

7. Stres dan Kesehatan Mental

Stres berlebihan dapat mempengaruhi fungsi reproduksi pria. Menjaga kesehatan mental secara keseluruhan dan mengelola stres dapat berdampak positif pada masa subur.
 

Untuk keluarga dan kesejahteraan pasangan, penting untuk menjaga kesehatan reproduksi pria. Pasangan dapat meningkatkan peluang mereka untuk hamil dan memiliki anak yang sehat dengan memahami tanda-tanda masa subur pria dan menerapkan gaya hidup sehat. 


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/male-fertility-tests

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3253726/

https://www.healthline.com/health/mens-health/mens-guide-healthy-fertile-sperm#overview

YesDok Ads