Diet
+1

SIMAK 7 RESIKO DIET VEGAN MENTAH YUK

January 18, 2024 | Dea

dampak diet vegan mentah, diet vegan mentah, resiko diet mentah, makan sayur mentah, sayuran mentah, efek makan sayur mentah, bahaya diet makanan mentah, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa diet vegan mentah, yang melibatkan mengonsumsi makanan mentah tanpa dimasak, telah menjadi tren di kalangan orang yang ingin menjalani gaya hidup sehat. Namun, seperti setiap diet, ada risiko yang harus diperhatikan, dan artikel ini akan membahas tujuh dari risiko tersebut.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Resiko Diet Vegan Mentah

Berikut beberapa resiko yang dapat muncul saat seseorang melakukan diet vegan mentah, antara lain:
 

1. Kekurangan Nutrisi Esensial

Karena makanan mentah biasanya lebih rendah dalam jumlah nutrisi ini, mengikuti diet vegan mentah dapat menyebabkan kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin B12, zat besi, kalsium, zinc, dan asam lemak omega-3.
 

2. Risiko Keracunan Makanan

Karena makanan tidak melalui proses memasak yang dapat membunuh bakteri berbahaya, konsumsi makanan mentah dapat meningkatkan risiko infeksi atau keracunan makanan.
 

3. Gangguan Pencernaan

Karena beberapa jenis makanan mentah sulit untuk dicerna, beberapa orang mungkin mengalami masalah pencernaan seperti gas, kembung, dan diare.
 

4. Risiko Kehilangan Berat Badan yang Berlebihan

Seseorang dapat mengalami kehilangan berat badan berlebihan dan kekurangan energi yang diperlukan untuk menjalani aktivitas sehari-hari karena diet vegan yang seringkali mengandung jumlah kalori yang rendah.
 

5. Kehilangan Panas Tubuh

Makanan mentah biasanya dingin, dan mengonsumsinya dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kehilangan panas tubuh, yang dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan anda.
 

6. Kekurangan Protein

Memenuhi kebutuhan protein yang cukup, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh, dapat menjadi tantangan jika anda mengikuti diet vegan yang mengandung bahan mentah.
 

7. Risiko Tulang Rapuh

Karena tubuh sulit menyerap nutrisi ini dari makanan mentah, kekurangan kalsium dan vitamin D dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan tulang rapuh.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 


Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.healthline.com/nutrition/raw-vegan-diet

https://www.medicalnewstoday.com/articles/raw-vegan-diet

https://www.webmd.com/diet/a-z/raw-foods-diet

YesDok Ads