SIMAK 7 PENYEBAB SINUSITIS YUK!

December 15, 2023 | Dea

gejala sinusitis adalah, gejala sinusitis ringan, gejala awal sinusitis, ciri ciri gejala sinusitis, tanda dan gejala sinusitis, gejala infeksi sinus, gejala sakit sinusitis, apa saja gejala sinusitis, yesdok

Sobat Yesdok, Salah satu kondisi yang sering terjadi adalah sinusitis, di mana dinding sinus membengkak dan peradangan. Ini dapat terjadi karena infeksi bakteri, virus, atau faktor alergi. Dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh gejala umum sinusitis berdasarkan informasi dari American College of Allergy, Asthma, and Immunology (ACAAI), Cleveland Clinic, dan National Center for Biotechnology Information (NCBI).

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Penyebab Sinusitis

Berikut ini beberapa penyebab sinusitis, antara lain:
 

1. Infeksi Virus Respiratori

Virus seperti rhinovirus, flu, dan adenovirus dapat menyebabkan peradangan pada membran sinus ini adalah penyebab utama sinusitis.
 

2. Alergi

Sinusitis alergi dapat disebabkan oleh reaksi alergi terhadap alergen tertentu, seperti serbuk sari, bulu hewan, debu, atau jamur. Pajanan berulang terhadap alergen dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada sinus.
 

3. Bakteri

Sinusitis bakteri dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, terutama oleh bakteri Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae, dan Moraxella catarrhalis. Infeksi virus respiratori biasanya menyebabkan infeksi ini.
 

4. Infeksi Jamur

Infeksi jamur juga dapat menyebabkan sinusitis, terutama pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Aspergillus adalah jenis jamur yang biasa menyebabkan sinusitis.
 

5. Kelainan Struktural pada Hidung atau Sinus

Kelainan seperti deviasi septum nasal atau pembesaran adenoid (jaringan limfoid pada pangkal tenggorokan) dapat menyebabkan penyumbatan saluran sinus, yang memungkinkan bakteri atau virus untuk menyebabkan sinusitis.
 

6. Paparan Lingkungan yang Berbahaya

Seseorang dapat mengalami iritasi pada saluran pernapasan dan menyebabkan peradangan pada sinus jika terpapar polusi udara, asap rokok, atau zat kimia tertentu.
 

7. Pemakaian Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan vasokonstriktor yang digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat dapat menyebabkan sinusitis jika dikonsumsi terlalu lama atau terlalu banyak.
 

Mengetahui gejala sinusitis adalah langkah pertama untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Jika seseorang mengalami gejala, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lanjutan dan pengobatan yang efektif. Sinusitis dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang, dan pengobatan yang tepat dapat mempercepat pemulihan.

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.
 


 

REFERENSI

https://acaai.org/allergies/allergic-conditions/sinus-infection/

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17701-sinusitis

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470383/

 

YesDok Ads