Diet
+1

SIMAK 7 MANFAAT SINGKONG REBUS BAGI KESEHATAN YUK!

December 06, 2023 | Dea

singkong rebus, kandungan singkong, manfaat singkong adalah, kandungan gizi singkong, manfaat umbi singkong, singkong mengandung vitamin, umbi singkong, khasiat makan singkong rebus, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa singkong yaitu tanaman umbi yang tersebar di seluruh dunia, telah menjadi salah satu sumber karbohidrat utama bagi banyak masyarakat. Jika direbus, singkong tidak hanya lezat tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Bahaya Makan Jeroan

Singkong rebus memiliki banyak nutrisi dan dapat menawarkan banyak manfaat kesehatan. Anda dapat menikmati rasanya sekaligus mendukung kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh dengan menggabungkannya ke dalam pola makan yang seimbang. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan Anda sebelum mengubah diet Anda atau menambahkan makanan baru ke dalamnya.
 

1. Sumber Karbohidrat yang Sehat

Singkong rebus memiliki karbohidrat kompleks yang dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan merupakan sumber energi yang stabil.
 

2. Kaya Serat

Singkong mengandung serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan karena membantu mengurangi risiko sembelit dan menjaga usus tetap sehat.
 

3. Nutrisi yang Kaya

Singkong mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin B6, folat, dan mangan. Vitamin dan mineral ini membantu sistem kekebalan tubuh dan metabolisme berfungsi dengan baik.
 

4. Menyediakan Antioksidan

Beta-karoten, salah satu senyawa antioksidan dalam singkong, dapat membantu tubuh melawan radikal bebas, mengurangi risiko peradangan, dan mendukung kesehatan jantung.
 

5. Menyokong Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten juga baik untuk kesehatan mata karena tubuh mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan.
 

6. Menyediakan Energi dan Elektrolit

Singkong mengandung potassium, yang membantu tubuh mempertahankan keseimbangan elektrolit, mendukung fungsi otot, dan mengatur tekanan darah.
 

7. Cocok untuk Diet Gluten-Free

Singkong adalah pilihan karbohidrat yang bagus untuk mereka yang memerlukan diet bebas gluten. Ini juga bagus untuk orang dengan penyakit celiac atau sensitivitas gluten.
 

Meskipun singkong rebus memiliki banyak manfaat, penting untuk menambahkan singkong rebus ke dalam pola makan Anda secara seimbang. Ingatlah bahwa mengubah pola makan Anda tetaplah penting untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.



 

REFERENSI

https://www.healthline.com/nutrition/cassava

https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1473/cassava

https://www.medicalnewstoday.com/articles/323756

 

YesDok Ads