SIMAK 6 PENYEBAB BAU MULUT YUK

January 17, 2024 | Dea

penyebab bau mulut, apa penyebab bau mulut, bakteri penyebab bau mulut, parasit penyebab bau mulut, penyebab bau mulut dan cara mengatasinya, bau mulut penyebab, faktor penyebab bau mulut, yesdok

Sobat Yesdok, kondisi bau mulut juga dikenal sebagai halitosis merupakan kondisi yang dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang dan kesehatan mulut mereka. Artikel ini akan membahas enam penyebab umum bau mulut serta solusinya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Penyebab Bau Mulut

Berikut ini beberapa penyebab bau mulut, antara lain:
 

1. Kebersihan Mulut yang Buruk

Kebersihan mulut yang buruk adalah penyebab utama bau mulut. Menjaga kebersihan gigi, lidah, dan gusi sangat penting untuk mencegah bakteri yang menyebabkan bau berkembang biak biasakan untuk menyikat gigi secara teratur.
 

2. Infeksi Gigi atau Gusi

Mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk perawatan dan mencegah infeksi gigi yang dapat menyebabkan bau mulut dapat membantu anda menghindari bau mulut. Infeksi gigi atau gusi, seperti karies atau radang gusi, juga dapat menjadi penyebab bau mulut.
 

3. Penyakit Gigi atau Mulut Kronis

Jika mengalami bau mulut yang bertahan lama karena penyakit seperti kandidiasis oral atau periodontitis, anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengobati kondisi jangka panjang ini dan mengatasi bau mulut yang disebabkannya.
 

4. Konsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Makanan yang memiliki bau yang kuat, seperti kopi, bawang putih, dan bawang merah, dapat menyebabkan bau mulut yang tidak lama. Hindari makan makanan atau minuman ini atau menyikat gigi setelahnya.
 

5. Merokok dan Produk Tembakau

Berhenti merokok dan menggunakan produk tembakau adalah langkah penting untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh tembakau.
 

6. Gangguan Kesehatan Umum

Bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan umum seperti diabetes, penyakit hati, atau sinusitis. 


 

Solusi dan Pencegahan

Berikut ini beberapa langkah pencegahan dan solusi mengatasi bau mulut, antara lain:

 

  • Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi, membersihkan lidah, dan menggunakan benang gigi
     
  • Bersihkan kumur anda dengan air antiseptik atau obat kumur yang disarankan dokter gigi
     
  • Hindari makanan dan minuman berbau kuat
     
  • Pemeriksaan rutin gusi dan gigi oleh dokter gigi
     
  • Berhenti merokok atau menggunakan produk tembakau
     
  • Berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah medis yang menyebabkan bau mulut


 

Seseorang dapat mengatasi bau mulut dan meningkatkan kesehatan oralnya secara keseluruhan dengan menjaga kebersihan mulut, mengikuti gaya hidup sehat, dan berkonsultasi dengan profesional medis. Mengatasi bau mulut juga memerlukan kombinasi perawatan oral yang baik dan penanganan penyebab utama bau mulut.
 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/symptoms-causes/syc-20350922

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/halitosis-or-bad-breath

https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/halitosis-bad-breath

YesDok Ads