Diet
+1

SIMAK 6 MANFAAT RUMPUT LAUT UNTUK DIET

November 22, 2023 | Dea

rumput laut nori, manfaat rumput laut, rasa rumput laut, kandungan rumput laut, jenis jenis rumput laut, rumput laut sushi, rumput laut untuk diet, sup rumput laut, program diet, berat badan, yesdok

Sobat Yesdok, bagi anda yang saat ini sedang menjalani program diet pastinya sesekali dilanda kebingungan untuk variasi makanan sehari-hari agar program diet anda tetap berjalan tanpa merasa bosan dengan menu makanan anda. Tahukah anda bahwa menambahkan rumput laut dalam menu diet sehari-hari anda memberikan cita rasa yang menyenangkan bagi lidah anda. Selain itu, rumput laut memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini sebagai berikut.


 

Mengenal Rumput Laut

Rumput laut merupakan jenis alga yang tumbuh di perairan laut dan air asin. Sebenarnya rumput laut bukanlah tumbuhan seperti rumput darat, melainkan merupakan kelompok organisme jenis Algae.

Berikut ini jenis rumput laut dalam masakan yaitu; Nori, Kombu, Wakame, Hijiki, dan lainnya. Setiap jenis memiliki jenis dan rasa yang berbeda, selain itu eksistensinya yang melekat di batuan, tumbuh di kedalaman yang beragam, tergantung pada spesiesnya.

Rumput laut kaya akan vitamin, mineral, serat, protein, dan asam lemak omega-3. Kandungan nutrisinya ini membuatnya sangat baik dijadikan menu program diet sehari-hari. Selain itu, rumput laut juga mengandung iodium yang berperan dalam produksi hormon tiroid untuk metabolisme tubuh.

Rumput laut sering digunakan dalam masakan Asia, terutama dalam pembuatan sushi, sup miso, dan berbagai hidangan laut. Selain itu, rumput laut dapat digunakan sebagai tambahan dalam salad, sup, atau bahkan dalam bentuk bubuk sebagai penyedap rasa. Selain untuk masakan, rumput laut juga dapat menjadi produk-produk kecantikan dan kesehatan, seperti masker wajah dan suplemen makanan.

Serat dalam rumput laut dapat berguna bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Karena serat rumput laut rendah kalori dan dapat membuat kenyang. Serat yang tinggi dapat memperlambat pengosongan lambung. Sehingga perut menunda mengirimkan sinyal lapar ke otak. Hal ini dapat mengontrol dan mencegah seseorang makan berlebihan.

 

Manfaat Rumput Laut

Berikut ini merupakan beberapa manfaat rumput laut, antara lain:
 

  • Rendah Kalori

Rumput laut sangat rendah kalori, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi seseorang yang menjalankan program diet rendah kalori atau program penurunan berat badan.
 

  • Serat Tinggi

Rumput laut mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama. Ini dapat membantu mengurangi keinginan makan berlebihan dan mendukung kontrol berat badan.
 

  • Kandungan Nutrisi yang Kaya

Rumput laut mengandung vitamin (seperti vitamin A, B, dan C) dan mineral (seperti yodium, besi, dan kalsium). Mengonsumsi rumput laut dapat mencukupi nutrisi harian.
 

  • Asam Amino Essensial

Rumput laut mengandung asam amino esensial, protein dapat membantu dalam pemeliharaan dan pembentukan otot, yang penting dalam program diet dan olahraga.
 

  • Iodium untuk Kesehatan Tiroid

Rumput laut merupakan sumber iodium yang baik. Iodium sangat penting untuk fungsi tiroid yang sehat, membantu proses metabolisme dan pembakaran lemak.
 

  • Kandungan Antioksidan

Rumput laut mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan klorofil, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan juga berperan dalam melindungi tubuh dari stres oksidatif.


 

Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat rumput laut untuk diet sebaiknya dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan beragam. Selain itu, sebagian besar rumput laut yang dijual di pasaran diolah dengan garam, sehingga konsumsi yang berlebihan mungkin perlu dihindari bagi mereka yang memperhatikan asupan natrium.

Jika ingin melakukan diet yang sehat dan tepat, sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter gizi. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.medicalnewstoday.com/articles/323916#benefits

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/seaweed/

https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-seaweed#antioxidants

 

YesDok Ads