Diet
+1

SIMAK 6 MANFAAT KONSUMSI JANTUNG PISANG BAGI KESEHATAN YUK!

December 13, 2023 | Dea

manfaat dan bahaya jantung pisang, ontong pisang, efek makan jantung pisang, apakah ibu hamil boleh makan jantung pisang, jantung pisang untuk asam urat, gambar jantung pisang, ontong adalah, sayur ontong, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa pisang sering dijuluki sebagai makanan sumber energi, tetapi ternyata tidak hanya buahnya yang baik, bunga dan jantung pisang, yang seringkali diabaikan, memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan berbagai manfaat kesehatan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

6 Manfaat Konsumsi Jantung Pisang

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi jantung pisang bagi kesehatan, antara lain:
 

1. Sumber Antioksidan 

Jantung pisang memiliki banyak antioksidan, termasuk tannin dan flavonoid, yang membantu tubuh melawan radikal bebas. Antioksidan ini melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif dan menjaga seluruh tubuh sehat.
 

2. Peningkatan Kesehatan Jantung 

Menurut Netmeds, jantung pisang mengandung serat larut air yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL ("jahat") dan meningkatkan kadar kolesterol HDL ("baik"), sehingga meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.
 

3. Menurunkan Tekanan Darah 

Jantung pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi, yang membantu mengatur tekanan darah. Potassium juga membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menurunkan risiko hipertensi.
 

4. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Jantung pisang memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan Anda. Serat ini memperlancar pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.
 

5. Manfaat untuk Diabetes 

Pisang memiliki kandungan serat dan glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu mengontrol gula darah, menurut Healthline.
 

6. Sumber Nutrisi yang Kaya 

Jantung pisang memiliki banyak nutrisi penting, seperti zat besi, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, yang membantu kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, dan transportasi oksigen dalam darah.
 

Jantung pisang adalah superfood yang memiliki banyak manfaat kesehatan yang sering diabaikan. Kesehatan jantung, pencernaan, dan kekebalan tubuh secara keseluruhan dapat diperbaiki dengan menambahkan pisang ke dalam pola makan seimbang. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menikmati manfaat kesehatan jantung pisang sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda.

 

REFERENSI

https://www.netmeds.com/health-library/post/banana-flower-the-superfood-you-havent-heard-of

https://www.narayanahealth.org/blog/health-benefits-of-banana-flower/

https://www.healthline.com/nutrition/banana-flower-benefits

https://www.lifehack.org/462792/8-impressive-health-benefits-of-eating-banana-flower

 

YesDok Ads