SIMAK 6 GEJALA INFEKSI ALIRAN DARAH (SEPSIS) YUK

January 11, 2024 | Dea

penyakit sepsis adalah, penyebab sepsis, sepsis adalah penyakit, infeksi sepsis, tanda tanda sepsis, virus sepsis, diagnosa sepsis adalah, sepsis symptoms, yesdok

Sobat Yesdok, sangat penting untuk mengidentifikasi gejala sepsis segera karena infeksi aliran darah adalah kondisi serius yang dapat mengancam nyawa jika tidak segera diobati. Sepsis terjadi ketika infeksi dimulai di satu area tubuh dan menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Gejala Sepsis

Berikut ini beberapa gejala saat seseorang mengidap infeksi aliran darah (sepsis), antara lain:

 

1. Demam Tinggi

Demam tinggi dapat terjadi karena infeksi aliran darah. Jika suhu tubuh lebih tinggi dari normal, itu bisa menunjukkan bahwa tubuh berusaha melawan infeksi. Sepsis dapat menyebabkan demam yang tidak kunjung mereda atau meningkat seiring waktu.
 

2. Detak Jantung Cepat 

Detak jantung dapat dipengaruhi oleh sepsis, yang dapat menyebabkan denyut jantung lebih tinggi dari normal. Tubuh menanggapi infeksi dengan memompa lebih banyak darah dan antibodi ke seluruh tubuh, yang dikenal sebagai Tachycardia.
 

3. Kesulitan Bernapas

Masalah pernapasan dapat terjadi karena infeksi aliran darah yang parah. Penderita sepsis mungkin mengalami masalah bernapas, napas cepat, atau bahkan sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS), yang merupakan kondisi serius yang membutuhkan bantuan medis segera.
 

4. Kepala Pusing atau Kehilangan Kesadaran

Sepsis dapat mengganggu sirkulasi darah dan menyebabkan gejala seperti kepala pusing atau bahkan kehilangan kesadaran. Gangguan mental, seperti kebingungan atau kelelahan, juga bisa menjadi tanda sepsis.
 

5. Nyeri Otot atau Sendi

Sepsis dapat menyebabkan nyeri seluruh tubuh, termasuk kelemahan otot. Infeksi aliran darah dapat menyebabkan nyeri yang melibatkan otot dan sendi.
 

6. Kulit Pucat atau Berkeringat Berlebihan

Salah satu tanda sepsis yang harus diperhatikan adalah kulit pucat atau berkeringat berlebihan. Sepsis dapat mengubah warna dan kelembapan kulit.

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthdirect.gov.au/sepsis-septicaemia

https://www.webmd.com/a-to-z-guides/sepsis-septicemia-blood-infection

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sepsis/symptoms-causes/syc-20351214

 

YesDok Ads