SIMAK 6 CIRI SERVISITIS / RADANG LEHER RAHIM YUK!

January 03, 2024 | Dea

ciri servisitis,  gejala servisitis, apa itu servisitis, servisitis adalah, gambar servisitis, gejala servisitis adalah, radang leher rahim, infeksi leher rahim, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda mendengar peradangan pada leher rahim? Kondisi ini disebut cervicitis. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi, termasuk IMS, atau faktor-faktor non-infeksi.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


7 Ciri-Ciri Servisitis

Berikut ini beberapa ciri seseorang mengidap servisitis, antara lain:


1. Keluaran Vaginal yang Tidak Normal

Adanya cairan abnormal yang keluar dari vagina berupa cairan yang berubah warna, berbau tidak sedap, atau berisi darah, adalah salah satu tanda cervicitis dan dapat menunjukkan bahwa ada peradangan di leher rahim.

 

2. Nyeri atau Ketidaknyamanan

Cervicitis dapat menyebabkan nyeri atau ketidaknyamanan pada daerah panggul. Pasien mungkin mengalami nyeri selama hubungan seksual (dispareunia) atau ketidaknyamanan umum pada daerah panggul.
 

3. Pendarahan Abnormal

Ciri cervicitis dapat termasuk pendarahan yang tidak teratur atau pendarahan diantara periode menstruasi. Pada beberapa kasus, pasien juga mungkin mengalami pendarahan setelah hubungan seksual.
 

4. Sensasi Terbakar atau Gatal

Mereka yang menderita cervicitis juga dapat mengalami sensasi terbakar atau gatal pada area genital mereka. Peradangan pada leher rahim dapat mengganggu kulit di sekitarnya.
 

5. Gejala Infeksi Menular Seksual  (IMS)

Infeksi menular seksual (IMS) seperti klamidia atau gonore seringkali dikaitkan dengan cervicitis. Gejala IMS yang mungkin muncul termasuk nyeri saat buang air kecil, demam, atau pembengkakan kelenjar getah bening.
 

6. Tidak Menunjukkan Gejala

Sangat penting untuk dicatat bahwa beberapa kasus cervicitis tidak memiliki gejala apa pun. Wanita yang tidak memiliki cervicitis infeksius mungkin tidak mengalami ketidaknyamanan atau perubahan pada keluaran vagina mereka. Akibatnya, pemeriksaan rutin dan uji skrining sangat penting untuk mengidentifikasi penyakit ini.

Salah satu kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi wanita adalah cervicitis. Sangat penting untuk memahami tanda-tanda utama cervicitis agar dapat dideteksi lebih awal dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Segera konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan dan perawatan yang tepat.


Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cervicitis/symptoms-causes/syc-20370814

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK562193/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321573#outlook

 

YesDok Ads