Diet
+1

SIMAK 5 MAKANAN MENYEHATKAN OTAK

November 24, 2023 | Dea

Kecerdasan otak, sel sel otak, perkembangan otak, kemampuan kognitif, makanan untuk otak, makanan meningkatkan kesehatan otak, makanan membuat cerdas, kecerdasan intelektual, kecerdasan kognitif, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa otak sangat membutuhkan nutrisi dalam melakukan tugasnya. Makanan merupakan sumber energi utama bagi otak agar dapat bekerja secara efektif dan optimal. Selain itu, otak akan sangat kesulitan dalam melakukan tugasnya jika keseimbangan gizi dari makanan tidak cukup. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas makanan bukan kuantitasnya. 

Oleh karena itu, anda harus tahu beberapa jenis makanan di bawah ini yang baik bagi otak. Simak penjelasannya sebagai berikut.


 

5 Makanan Menyehatkan Otak

Makanan yang sehat karena tinggi gizi dan nutrisi sangat baik bagi perkembangan sel-sel otak. Karena makanan adalah sumber energi bagi tubuh yang mendukung fungsi otak optimal dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif. Berikut merupakan lima jenis makanan yang baik untuk kesehatan dan kinerja otak, antara lain:
 

  • Ikan Berlemak

Otak terdiri dari 60% lemak omega-3 yang membantu otak mengembangkan sel-sel baru. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel, dan trout kaya akan asam lemak omega-3, terutama DHA (asam dokosaheksaenoat). Omega-3 berperan dalam perkembangan otak dan meningkatkan fungsi kognitif.
 

  • Buah-buahan dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran, seperti buah beri yakni blueberry, stroberi, bayam, brokoli, dan wortel, mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan membantu melawan kerusakan sel-sel otak yang disebabkan oleh radikal bebas dan memperlambat penurunan kognitif.
 

  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan biji-bijian seperti biji bunga matahari dan biji chia mengandung nutrisi penting seperti vitamin E, asam lemak omega-3, dan antioksidan. Vitamin E khususnya telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap penurunan kognitif pada usia lanjut.
 

Kacang merah dan kacang hitam merupakan sumber karbohidrat kompleks, juga memberikan energi, protein, serat, vitamin dan omega-3. Mereka juga mengandung vitamin B, termasuk asam folat, meningkatkan kinerja kognitif (konsentrasi) serta peningkatan memori otak.
 

  • Produk Olahan Susu Rendah Lemak 

Susu rendah lemak, yoghurt tanpa gula, dan alternatif nabati seperti susu kedelai atau almond merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang mendukung kesehatan tulang dan meningkatkan kemampuan kognitif otak.

 

Jika ingin meningkatkan kemampuan otak anak apalagi saat masa tumbuh kembangnya. Sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter agar dapat menyeimbangkan gizi yang baik bagi perkembangan otak anak. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.unitypoint.org/news-and-articles/15-brain-foods-that-may-help-preserve-your-memory

https://www.health.harvard.edu/healthbeat/foods-linked-to-better-brainpower

 

YesDok Ads