SIMAK 5 BAHAYA SKINCARE MERKURI BAGI KULIT

November 23, 2023 | Dea

Merkuri adalah, apa itu merkuri, bedak merkuri, bahaya merkuri, skincare merkuri, ciri ciri wajah yang terkena merkuri, krim merkuri, efek merkuri pada wajah,  yesdok

Sobat Yesdok, produk skincare atau produk perawatan kulit merupakan kebutuhan esensial bagi sebagian besar orang saat ini. Khususnya, pada era modern masyarakat semakin sadar akan pentingnya merawat diri terutama organ kulit. Karena kulit yang sehat merupakan awal dari tubuh yang sehat. 

Namun, dalam merawat kulit anda tidak boleh sembarangan memilih produk. Hal utama yang perlu anda pastikan yaitu produk skincare tersebut tidak mengandung bahan merkuri. Mengapa merkuri sangat dilarang? Oleh karena itu, Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Bahaya Skincare Merkuri

Merkuri merupakan bahan kimia berbahaya memberikan efek samping serius pada kesehatan manusia khususnya pada kulit. Skincare yang mengandung merkuri dapat menyebabkan bahaya bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa bahaya skincare yang mengandung merkuri bagi kulit:
 

  • Iritasi dan Dermatitis 

Merkuri membuat iritasi kulit dan dermatitis (peradangan kulit). Efek sampingnya yakni kemerahan, gatal-gatal, kulit kering, dan bahkan kulit bersisik.
 

  • Hipersensitivitas dan Alergi

Terjadi hipersensitivitas atau alergi terhadap merkuri. Reaksi alergi dapat mencakup pembengkakan, kemerahan, dan rasa gatal yang parah.
 

  • Flekitis Merkuri (Mercury Poisoning)

Penggunaan produk skincare merkuri dalam jangka waktu yang panjang dapat berakibat kelelahan, gangguan sistem saraf, dan kerusakan ginjal.
 

  • Hiperpigmentasi

Pemakaian merkuri pada kulit dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit. Hal ini dapat mengakibatkan hiperpigmentasi (pemutihan kulit yang tidak merata) dan vitiligo.
 

  • Kerusakan Sistem Saraf Pusat 

Merkuri dapat merusak sistem saraf pusat, menyebabkan gejala seperti gangguan keseimbangan, kejang, dan gangguan mental.


 

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk selalu membaca dan memeriksa dengan teliti label produk skincare untuk memastikan bahwa mereka bebas dari merkuri atau bahan-bahan berbahaya lainnya. Gunakanlah produk skincare yang mengandung bahan aman seperti vitamin, antioksidan, dan bahan-bahan alami. 

Jika Anda mengalami masalah kulit atau memiliki kekhawatiran tentang produk skincare yang Anda gunakan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli dermatologi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda.


 

REFERENSI

https://dhs.saccounty.gov/PUB/Pages/Mercury-in-Skin-Creams.aspx

https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/mercury-poisoning-linked-skin-products

 

YesDok Ads