SELALU AMBISIUS, INI TANDA BAHWA ANDA SEORANG GROWTH MINDSET!

October 06, 2023 | Dea

growthmindset, fixedmindset, polapikir, otak, ambisius, hustleculture, workaholic, zonanyaman, psikologis, karakter

Sobat YesDok, anda pasti pernah merasa berada di dalam hal yang sulit anda kendalikan dan kuasai. Baik hal tersebut berkaitan dengan pekerjaan, organisasi, ataupun pendidikan. Beberapa orang menjadi sangat gelisah dan pesimis jika dihadapkan suatu permasalahan baru.


 

Sejatinya, seseorang memiliki kemampuan dan bakat terkhusus satu sama lainnya. Namun yang membuat kemampuan tersebut menjadi luar biasa yaitu melalui usaha yang dikembangkan dan dilatih terus menerus. 


 

Seseorang yang selalu keluar dari zona nyaman, bersemangat dan mampu menciptakan kenikmatan dalam setiap pekerjaannya dapat dikatakan sebagai seorang growth mindset. Untuk mengetahui growth mindset lebih dalam, simak pembahasan di bawah ini, sebagai berikut.


 




 

Mengenal Growth Mindset




 

Growth mindset merupakan suatu pola pikir yang tumbuh dan dikembangkan oleh individu dalam mengatasi tantangan dan kemunduran. Seseorang yang menerapkan pola pikir ini menanamkan di dalam dirinya bahwa mereka harus terus bertumbuh, berjuang dan keluar dari zona nyaman.


 

Hal ini ia cerminkan lewat tindakan dan sikap yang perlahan-lahan terus ia kembangkan dan tingkatkan melalui berbagai cara. Meskipun diri memiliki keterbatasan dan kekurangan namun seseorang dengan pola pikir growth mindset akan terus mendorong dirinya untuk lebih produktif dan melawan dirinya sendiri dalam kestagnanan. 


 

Seorang growth mindset akan terus berpikir dan mencari solusi dari segala hal yang menantang dan sekilas terlihat mustahil baginya. Seorang growth mindset bukanlah seorang yang terlahir sempurna dan memiliki bakat dan privilege sejak lahir. 


 

Tetapi yang dapat menandai seorang growth mindset adalah dirinya yang selalu berani terbentur karena melawan batasan dan tidak takut untuk jatuh berkali-kali.  Namun tak jarang seorang growth mindset cenderung mengadopsi perilaku hustle culture yang erat dengan workaholic. Hal ini tidak dapat dikatakan baik ataupun buruk juga, tetapi situasi ini dapat diukur melalui perspektif dan prioritas, berdasarkan ketentuan syarat dan kondisi tertentu.







 

Karakteristik Growth Mindset



 

Berikut ini beberapa ciri dari seseorang yang memiliki pola pikir growth mindset, antara lain: 


 

  • Tidak mempercayai bakat bawaan lahir, dirinya hanya percaya dengan usaha, pengalaman dan kepribadian yang membentuk diri


 

  • Selalu berusaha untuk berpikir kreatif dan solutif


 

  • Selalu melakukan usaha maksimal dan terbaiknya meskipun dalam kondisi yang sulit


 

  • Seorang growth mindset selalu mengedepankan moral dan etika dalam hidupnya


 

  • Kecerdasan dan privilege dianggap hanya label bukan penentu kesuksesan


 

  • Seorang growth mindset menciptakan komunitas dan peluang bagi kebaikan semua orang


 

  • Suka melakukan kegiatan sosial yang memberikan pengaruh nyata


 

  • Tidak suka berada di zona nyaman dan selalu mempelajari bidang lain


 

  • Lebih menghargai dan mengutamakan proses daripada hasil


 

  • Meskipun selalu berada di zona asing bagi dirinya, namun ia mampu memanajemen diri untuk selalu mengutamakan aturan dan norma



 

Seorang growth mindset akan melihat tantangan sebagai hal yang dapat membuatnya naik level, bukan sebagai ancaman. Selain growth mindset, pola pikir fixed mindset juga lebih umum terjadi di lingkungan sekitar. 


 

Meskipun sama-sama berbakat, pola pikir fixed mindset cenderung diterapkan oleh seseorang yang menyukai kedamaian dan kestabilan. Oleh karena itu, pembahasan terkait fixed mindset akan dibahas pada artikel YesDok berikutnya.







 

REFERENSI



 

https://hbr.org/2016/01/what-having-a-growth-mindset-actually-means

https://bppk.kemenkeu.go.id/pusdiklat-kepemimpinan-dan-manajerial/artikel/peran-growth-mindset-vs-fixed-mindset-pada-pengembangan-diri-dan-orang-lain-986174

https://online.hbs.edu/blog/post/growth-mindset-vs-fixed-mindset

YesDok Ads