SAKIT FISIK ATAU MENTAL MANA YANG PALING BERBAHAYA? SIMAK 4 DAMPAKNYA YUK!

January 26, 2024 | Dea

kesehatan fisik dan mental, kesehatan fisik adalah, cara menjaga kesehatan fisik dan mental, manfaat menjaga kesehatan mental, pengaruh kesehatan mental, apa itu psikis dan fisik, fisik vs mental, yesdok

Sobat Yesdok, banyak masyarakat yang sering bertanya-tanya dan membandingkan antara sakit fisik dan mental, manakah yang lebih berbahaya? Perlu dipahami bahwa kesehatan fisik dan mental adalah komponen yang saling terkait dan berdampak pada kualitas hidup seseorang. Keduanya dapat berdampak serius pada tubuh dan pikiran manusia. Dalam artikel ini, kita akan membahas bahaya yang terkait dengan sakit fisik dan mental.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Sakit Fisik VS Mental

Berikut ini beberapa dampak yang dapat muncul akibat sakit fisik dan mental, antara lain:
 

1. Gangguan Mental Serius (Serious Mental Illness - SMI)

Gangguan mental serius adalah kondisi yang mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. Orang dengan gangguan mental memiliki risiko kesehatan fisik yang lebih tinggi, yang dapat mencakup penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh, peningkatan risiko penyakit kardiovaskular risiko penyakit kardiovaskular, dan masalah kesehatan fisik lainnya.
 

2. Sakit Fisik Kaitannya dengan Gangguan Mental

Tidak semua orang yang menderita gangguan mental berpotensi berbahaya. Namun, ada hubungan antara berbagai jenis gangguan mental dan kemungkinan mereka dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Kemungkinan micro suicide, skizofrenia, BPD atau bipolar, DID, dll. dapat disebabkan oleh gangguan mental. Untuk menghindari stigmatisasi orang dengan gangguan mental, penting untuk memahami konteks ini.
 

3. Dampaknya Bagi Tubuh

Ada hubungan yang kompleks antara kesehatan fisik dan mental. Kesehatan fisik kronis dapat meningkatkan risiko kondisi fisik kronis, dan sebaliknya, kondisi fisik tertentu dapat berdampak negatif pada kesehatan mental. Individu dengan kondisi mental yang serius mungkin lebih menghadapi penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.
 

4. Kesehatan Mental dan Kondisi Fisik Kronis

Kesehatan fisik dipengaruhi oleh stigma terhadap gangguan mental. Penolakan dan diskriminasi dapat menyebabkan stres psikologis, yang dapat mengganggu jantung dan sistem kekebalan.

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan dengan memahami risiko kesehatan fisik dan mental itu sangat penting. Ketidaksetaraan kesehatan fisik dan gangguan mental kronis perlu mendapatkan perawatan medis, menghindari penyakit fisik, dan mengelola kondisi kesehatan jangka panjang penderitanya.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.samhsa.gov/serious-mental-illness

https://icjia.illinois.gov/researchhub/articles/mental-illness-and-violence-is-there-a-link/

https://ontario.cmha.ca/documents/the-relationship-between-mental-health-mental-illness-and-chronic-physical-conditions/

https://www.gov.uk/government/publications/severe-mental-illness-smi-physical-health-inequalities/severe-mental-illness-and-physical-health-inequalities-briefing

YesDok Ads