RAHASIA KEBAHAGIAAN: TIPS MENJAGA KEWARASAN IBU DALAM MENGASUH

February 28, 2024 | Dea

Tips menjaga mental ibu dalam mengasuh, menjaga kesehatan mental, kesehatan mental ibu, menjaga kewarasan ibu, kewarasan ibu rumah tangga, tips ibu menjaga kewarasan, yesdok

Sobat Yesdok, menjadi seorang ibu merupakan pengalaman yang luar biasa, namu seringkali penuh dengan tantangan dan tekanan yang dapat menguras energi dan memengaruhi kesejahteraan mental. Sangat penting bagi seorang ibu untuk merawat dirinya sendiri untuk tetap bahagia dan seimbang dalam peran sebagai ibu. 

 Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu ibu menjaga kewarasan dan kebahagiaan ibu saat mengasuh anak, antara lain:
 

1. Prioritaskan Waktu untuk Diri Sendiri

Jangan lupakan keinginan dan kebutuhan pribadi. Luangkan waktu setiap hari untuk melakukan hal-hal yang membuat anda bahagia dan merasa terpenuhi, seperti berolahraga, membaca buku, atau berkumpul dengan teman untuk secangkir kopi.
 

2. Berbagi Tanggung Jawab dengan Pasangan atau Orang Lain

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari teman-teman, pasangan, atau keluarga. Anda dapat mengurangi beban kerja mental dan fisik dengan membagi tanggung jawab mengasuh anak. Anda juga dapat mendapatkan lebih banyak waktu untuk bersantai dan pulih.
 

3. Atur Prioritas dan Kelola Waktu dengan Bijak

Untuk mengatur waktu antara pekerjaan rumah tangga, pekerjaan profesional, dan waktu bersama keluarga, buatlah jadwal harian atau mingguan yang teratur dan efektif. Tentukan prioritas dan fokus pada tugas-tugas yang penting sambil mengakui bahwa tidak mungkin melakukan semuanya dengan sempurna.
 

4. Jaga Kesehatan Fisik dan Emosional

Perhatikan kebutuhan kesehatan fisik dan emosional. Pastikan Anda mendapatkan cukup istirahat, makan makanan yang sehat, dan berolahraga secara teratur. Selain itu, ambil waktu untuk berbicara dengan teman atau profesional kesehatan mental jika merasa cemas atau stres.
 

5. Nikmati Setiap Momen dengan Anak

Nikmati waktu bersama anak-anak dan alihkan perhatian anda dari tugas-tugas sehari-hari. Bermain, mendongeng, atau melakukan sesuatu yang menyenangkan bersama mereka akan membuat kenangan indah. Ingatlah bahwa masa kecil anak-anak cepat berlalu. 
 

6. Kelola Harapan dan Bersikap Lembut pada Diri Sendiri

Jangan terlalu bergantung pada diri sendiri. Sadarilah bahwa menjadi seorang ibu adalah tugas yang sulit, dan terkadang hal-hal tidak berjalan seperti yang diharapkan. Ingatlah bahwa anda melakukan yang terbaik, dan berikan diri anda ruang untuk kesalahan dan kegagalan.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.first5la.org/article/jill-simonians-5-tips-to-stay-sane-during-the-first-hard-years-of-motherhood/

https://annahardy.co.uk/staying-sane-as-a-working-parent-10-top-tips/

https://www.gomommy.in/a-moms-guide-to-staying-sane/

 

YesDok Ads