PSIKOSOMATIS ITU APA? SIMAK 5 TANDANYA YUK

February 07, 2024 | Dea

Psikosomatis, psikosomatis adalah, gerd anxiety psikosomatis, anxiety psikosomatis adalah, contoh penyakit psikosomatis, gangguan psikosomatis adalah, gejala psikosomatis adalah, gerd psikosomatis adalah, yesdok

Sobat Yesdok, Istilah "psikosomatis" mengacu pada kondisi di mana kesehatan fisik seseorang dipengaruhi oleh stres, pikiran, dan emosi mereka. Gejala psikosomatis biasanya muncul tanpa alasan medis yang jelas. Ini seringkali akibat dari tekanan psikologis yang signifikan yang tidak teratasi dengan baik. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Tanda-tanda Psikosomatis

Berikut ini beberapa tanda-tanda seseorang mengidap psikosomatis, antara lain:
 

1. Gejala Fisik Tanpa Penyebab Medis yang Jelas

Munculnya gejala fisik tanpa penyebab medis yang jelas seperti nyeri tubuh, sakit kepala, atau masalah pencernaan adalah salah satu tanda utama psikosomatis.
 

2. Hubungan dengan Stres Emosional atau Mental 

Stres, kecemasan, atau depresi seringkali dikaitkan dengan psikosomatis. Individu yang mengalami tingkat stres emosional yang tinggi cenderung lebih rentan terhadap gejala psikosomatis.
 

3. Perjalanan Penyakit yang Rumit

Diagnosis dan pengobatan psikosomatis dapat menjadi lebih sulit. Pasien yang menderita penyakit ini mungkin menjalani berbagai tes medis dan perawatan tetapi gejala fisik mereka mungkin tidak berubah.
 

4. Gejala Meningkat Saat Stres Meningkat

Saat seseorang mengalami stres atau tekanan emosional, gejala psikosomatis sering kali memburuk. Ini bisa berupa nyeri, ketegangan otot, atau gangguan tidur.
 

5. Tanggapan Terhadap Perubahan Emosional atau Psikologis

Tanggapan tubuh terhadap perubahan emosional atau psikologis yang signifikan, seperti kehilangan yang mendalam, konflik interpersonal, atau tekanan pekerjaan, dapat dikenal sebagai psikosomatis.

Penanganan psikosomatis mengambil pendekatan menyeluruh yang mempertimbangkan kesehatan fisik dan mental individu. Untuk mengurangi gejala psikosomatis dan mengelola stres, orang sering menggunakan teknik seperti terapi kognitif perilaku (CBT), yoga, meditasi, dan relaksasi. Selain itu, penting untuk menemukan dan mengatasi penyebab utama stres.

Psikosomatik adalah fenomena yang kompleks di mana kesehatan fisik seseorang dipengaruhi oleh pikiran dan emosi mereka. Kami dapat meningkatkan kesejahteraan holistik dan mengelola stres dengan memahami gejala dan penyebab psikosomatis. Untuk mendapatkan bantuan yang tepat, penting untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental atau dokter jika anda mengalami gejala psikosomatis yang mengganggu.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21521-psychosomatic-disorder

https://www.healthdirect.gov.au/psychosomatic-disorders

https://www.verywellmind.com/depression-can-be-a-real-pain-1065455

YesDok Ads