POLUSI UDARA BUAT JERAWATAN? MITOS ATAU FAKTA

December 12, 2023 | Dea

kenapa tumbuh jerawat, kenapa jerawat selalu tumbuh, kenapa jerawat muncul terus, polusi udara jakarta, dampak polusi udara, penyebab polusi

Sobat Yesdok, Jerawat adalah masalah kulit yang sering dibicarakan oleh banyak orang. Selama bertahun-tahun, telah ada diskusi tentang hubungan antara jerawat dan polusi udara. Sementara beberapa orang percaya bahwa paparan polusi udara dapat menyebabkan jerawat, yang lain hanya menganggapnya sebagai mitos.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

Mitos Atau Fakta
 

1. Paparan Polusi Udara  dan Dampak pada Kesehatan Kulit

Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa polusi udara dapat berdampak negatif pada kesehatan manusia, terutama pada sistem pernapasan dan kardiovaskular. Namun, panduan tersebut tidak menyebutkan secara eksplisit bahwa polusi udara dapat menyebabkan jerawat secara langsung.
 

2. Studi Ilmiah tentang Polusi Udara dan Jerawat

Sebuah penelitian meneliti bagaimana polusi udara dapat menyebabkan jerawat. Penelitian tersebut diterbitkan di International Journal of Molecular Sciences. Hasilnya menunjukkan bahwa paparan udara yang tercemar dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan meningkatkan produksi senyawa yang terkait dengan jerawat. Meskipun temuan ini menarik, perlu diingat bahwa ini adalah studi laboratorium dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami hubungan tersebut secara menyeluruh.
 

3. Mitos Jerawat yang Umum

American Academy of Dermatology memberikan perspektif yang lebih umum tentang legenda jerawat. Mitos ini juga mengatakan bahwa polusi udara tidak selalu disebut sebagai penyebab jerawat, meskipun ada beberapa di antaranya. Mereka menekankan bahwa variabel seperti hormon dan genetika memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap perkembangan jerawat.
 

4. Penelitian Terbaru tentang Hubungan Polusi Udara dan Kesehatan Kulit

Sebuah studi terbaru di jurnal BMC Public Health meneliti bagaimana paparan polusi udara berdampak pada kesehatan kulit populasi Asia. Penelitian ini menemukan bahwa ada hubungan antara paparan polusi udara dan masalah kulit, tetapi penelitian ini belum menemukan apakah polusi udara secara langsung menyebabkan jerawat.
 

Sejauh ini, penelitian yang ada belum sepenuhnya membuktikan bahwa polusi udara secara langsung dan secara signifikan menyebabkan jerawat. Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara keduanya, lebih banyak penelitian diperlukan untuk memahami sepenuhnya hubungan ini. 



 

REFERENSI

https://www.who.int/news-room/feature-stories/detail/air-pollution--the-invisible-health-threat

https://www.mdpi.com/1422-0067/24/13/10502 

https://aadermatology.com/the-top-12-acne-myths/ 

https://bmcpublichealth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12889-021-11738-0 

 

YesDok Ads