PERSIAPAN MENTAL SEBELUM MENIKAH YANG WAJIB DITERAPKAN, SIMAK YUK!

April 29, 2024 | Dea

persiapan mental sebelum menikah, persiapan mental apa saja sebelum menikah, persiapan mental wanita sebelum menikah, persiapan sebelum menikah dari mental fisik, tips mempersiapkan mental sebelum menikah, yesdok

Sobat Yesdok, menikah adalah langkah besar dalam kehidupan, dan mempersiapkan diri sebelum menikah sangat penting untuk membangun hubungan yang sehat. Hal  utama yang sangat perlu untuk dipersiapkan sebelum menikah adalah mental. Pernikahan adalah perjalanan terpanjang yang diharapkan dapat berjalan seumur hidup.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Persiapan Mental Sebelum Menikah

Berikut adalah beberapa persiapan sebelum menikah yang wajib diterapkan menurut psikologi, antara lain:

 

1. Komunikasi yang Efektif

Pasangan harus belajar berkomunikasi secara jujur dan terbuka. Kemampuan untuk mendengarkan dengan baik dan mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka dengan jelas adalah penting untuk pernikahan yang sukses karena membantu mencegah konflik dan menjaga hubungan yang kuat.
 

2. Pengelolaan Konflik

Semua hubungan memiliki konflik, tetapi cara seseorang menangani konflik itu menentukan keberhasilan pernikahan. Sangat penting untuk belajar menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat dan menghargai pendapat pasangan.
 

3. Komitmen dan Kepercayaan

Pasangan harus memiliki kepercayaan dan komitmen yang kuat satu sama lain. Kepercayaan adalah landasan bagi hubungan yang langgeng, komitmen mencakup kesetiaan, kejujuran, dan kesediaan untuk bekerja sama melewati masa-masa sulit.
 

4. Kesadaran Diri dan Kematangan Emosional

Kemandirian emosional diperlukan untuk menikah. Pasangan harus memahami diri mereka sendiri dan siap untuk berkembang bersama. Ini berarti mereka harus siap menerima tanggung jawab dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dalam hubungan mereka.
 

5. Persiapan Finansial

Salah satu penyebab utama konflik dalam pernikahan adalah masalah keuangan. Sebelum menikah, pasangan harus berbicara tentang harapan dan tujuan keuangan mereka.
 

6. Sistem Dukungan Sosial

Pasangan harus memiliki jaringan dukungan sosial yang kuat untuk melewati tantangan dalam pernikahan, karena keluarga dan teman dapat menjadi sumber kekuatan dalam pernikahan.

 

 

Pasangan dapat membangun dasar yang kuat untuk pernikahan yang sukses dan bahagia dengan menggunakan enam persiapan ini. Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.aamft.org/Consumer_Updates/Marriage_Preparation.aspx

https://www.marriage.com/advice/pre-marriage/most-important-things-to-do-for-psychological-marriage-preparation/

https://firstthings.org/how-to-prepare-yourself-for-marriage/

YesDok Ads