PERLUKAH BAYI PAKAI SKIN CARE? SIMAK PENJELASANNYA YUK!

December 07, 2023 | Dea

skin care bayi, keuntungan skin care untuk bayi, perawatan bayi baru lahir, cara merawat kulit bayi  usia 0 6 bulan, perawatan wajah bayi, perawatan kulit bayi, bayi newborn, yesdok,

Sobat Yesdok, memiliki bayi adalah tantangan sekaligus kebahagian bagi orang tua. Merawat bayi bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan ketelitian dan pemahaman terkait pola asuh yang baik. Hal yang paling utama untuk diperhatikan moms yakni perawatan kesehatan kulit atau tubuh bayi. Karena memiliki tubuh yang rentan terhadap alergi dan iritasi, oleh  karena itu sangat penting untuk lebih memfokuskan perawatan kulit pada bayi. Namun apakah penggunaan skin care pada bayi merupakan tindakan yang tepat?

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Alasan Bayi Harus Pakai Skin Care

Perawatan kulit bayi merupakan bagian penting dari perawatan keseluruhan untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan bayi. Namun, memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk bayi bisa menjadi tantangan. 
 

Berikut ini beberapa hal penting mengapa bayi harus memakai skin care, antara lain:
 

1. Pentingnya Perawatan Kulit Bayi

Perawatan kulit bayi yang tepat sangat penting untuk menjaga kelembutan dan kesehatannya karena kulit bayi sangat sensitif dan rentan terhadap iritasi dan infeksi.
 

2. Pembersihan yang Lemah Lembut

Karena kulit bayi sangat sensitif dan rentan terhadap infeksi dan iritasi, sangat penting untuk menjaga kelembutan dan kesehatannya.
 

3. Hindari Produk yang Mengandung Zat Berbahaya

Menurut WebMD, sebaiknya bayi tidak menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan berbahaya seperti paraben, pewarna, dan pewangi karena dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada kulitnya.
 

4. Pelembap untuk Kulit Bayi

Pelembab yang digunakan setelah mandi dapat membantu kulit bayi tetap lembab. Pastikan untuk menggunakan pelembab yang dibuat khusus untuk bayi Anda dan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi.
 

5. Perlindungan dari Sinar Matahari

Melindungi kulit bayi dari sinar matahari sangat penting, menurut Healthline. Hindari paparan langsung matahari pada bayi yang belum mencapai usia enam bulan, dan jika perlu, gunakan pakaian pelindung dan tabir surya yang aman.
 

6. Perhatikan Tanda-tanda Iritasi atau Alergi

Saat menggunakan produk perawatan kulit baru, selalu perhatikan tanda-tanda kulit iritasi atau alergi. Jika ada reaksi, hentikan penggunaan produk dan konsultasikan dengan dokter Anda.
 

7. Bergantung pada Kondisi Kulit

Menurut Royal Children's Hospital Melbourne, jenis kulit bayi dapat berbeda. Hindari menggunakan produk terlalu banyak untuk memenuhi kebutuhan kulit Anda.
 

8. Perawatan Khusus untuk Masalah Kulit Tertentu

WebMD menyarankan agar bayi berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dan rekomendasi perawatan yang tepat jika mereka mengalami masalah kulit seperti eksim atau kulit kering.
 

Perawatan kulit bayi membutuhkan pendekatan yang lembut dan hati-hati. Pilihlah produk perawatan kulit yang dibuat khusus untuk bayi, hindari bahan-bahan yang berpotensi berbahaya, dan selalu perhatikan reaksi kulit bayi terhadap produk baru untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan aman. 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=bathing-and-skin-care-for-the-newborn-90-

https://www.webmd.com/parenting/baby/what-baby-skin-care-products-do-you-need-your-newborn

https://www.rch.org.au/kidsinfo/fact_sheets/Skincare_for_babies/

https://www.healthline.com/health/baby/tips-for-protecting-baby-skin

 

YesDok Ads