PENYEBAB TUBUH PEGAL SAAT BANGUN TIDUR

March 27, 2024 | Dea

bangun tidur badan pegal, badan terasa pegal semua, penyebab kaki pegal di malam hari, badan pegal pegal padahal tidak bekerja, kenapa badan pegal pegal, kenapa badan pegal semua, penyebab badan pegal semua, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda bangun dari tidur dengan tubuh yang kaku dan lelah? Banyak orang sering merasa tidak nyaman karena fenomena ini dan bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari mereka. Namun, mengapa merasa lelah saat bangun tidur? 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Tubuh Pegal

Berikut ini beberapa penyebab tubuh terasa pegal saat bangun tidur, antara lain:
 

1. Kurangnya Pergerakan Selama Tidur

Selama tidur, tubuh sering tetap diam untuk waktu yang lama. Ini dapat menyebabkan otot kaku dan tegang karena kurangnya pergerakan dan peregangan selama tidur.
 

2. Postur Tidur yang Buruk

Misalnya, tidur dengan posisi yang tidak alami atau menggunakan bantal yang tidak mendukung dapat menyebabkan pegal dan ketegangan pada pagi hari.
 

3. Sleep Inertia

Fenomena yang disebut inersia tidur adalah ketika seseorang merasa lemas dan kantuk setelah bangun tidur. Ini dapat membuat tubuh terasa lebih berat dan sulit bergerak, menyebabkan pegal.
 

4. Sleep Disorder

Ketika anda bangun, beberapa gangguan tidur, seperti sleep apnea atau restless leg syndrome, dapat mengganggu kualitas tidur dan membuat anda merasa lebih lelah.
 

5. Kekurangan Istirahat yang Cukup

Setelah bangun tidur, anda mungkin lebih cenderung mengalami kelelahan dan kelelahan karena siklus tidur yang terganggu atau tidak mencukupi.


 

Cara Mengatasi Pegal Saat Bangun Tidur

Berikut ini beberapa cara yang efektif untuk mengatasi rasa pegal saat bangun tidur, antara lain:
 

  • Peregangan Ringan Sebelum Tidur

Peregangan ringan sebelum tidur dapat membantu mengurangi ketegangan dan fleksibilitas otot.
 

  • Pemilihan Kasur dan Bantal yang Tepat

Pastikan bantal dan kasur anda mendukung posisi tidur dengan benar.
 

  • Perhatikan Postur Tidur

Tentu saja, usahakan untuk tidur dalam posisi yang nyaman dan alami bagi tubuh anda.
 

  • Perhatikan Kualitas Tidur

Pastikan anda tidur secukupnya dan berkualitas setiap malam.


 

Kita dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesejahteraan secara keseluruhan dengan memahami penyebab tubuh merasa lelah saat bangun tidur, segeralah mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda untuk tidur, jadi penting untuk mendengarkan tubuh anda dan meresponnya dengan cara yang sesuai.



Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.sleepfoundation.org/physical-health/why-does-my-body-ache-when-i-wake-up

https://amc-afp.com.au/why-do-i-have-painful-body-aches-after-sleeping-and-how-can-i-stop-them/

https://www.health.harvard.edu/blog/stiff-and-achy-in-the-mornings-how-to-fix-that-2020120821565

 

YesDok Ads