PENYEBAB GUMPALAN PUTIH DI PUTING SUSU, BEGINI PENJELASANNYA!

November 27, 2023 | Dea

gumpalan putih di puting susu, penyebab gumpalan putih, puting susu, payudara, wanita, kanker payudara, sel kulit mati, infeksi, jamur, yesdok

Sobat Yesdok, khususnya bagi wanita, anda pasti pernah melihat adanya gumpalan berwarna putih pada area puting susu atau papilla. Hal ini tentunya menimbulkan banyak pertanyaan mengenai dari mana asalnya gumpalan putih yang cenderung berukuran kecil tersebut tepatnya terletak berada di tengah-tengah puting susu.  

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini sebagai berikut.

 

Penyebab Gumpalan Putih 

Gumpalan putih di puting susu disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa penyebab umum gumpalan putih di puting susu melibatkan kondisi baik yang normal maupun yang memerlukan perhatian lebih lanjut. Berikut beberapa kemungkinan penyebab gumpalan putih di puting susu, antara lain:

  • Keratosis Pilaris

Kondisi ini disebabkan karena penumpukan keratin di folikel rambut, yang bisa tampak seperti gumpalan putih atau kemerahan. Biasanya tidak berbahaya,namun jika ada perubahan pada gumpalan segera konsultasikan kepada dokter.

 

  • Duct Ectasia

disebabkan ketika saluran susu (duct) melebar dan menghasilkan cairan putih atau kekuningan. Duct ectasia tidak berbahaya. Namun, jika terjadi infeksi atau perubahan warna atau tekstur pada cairan, konsultasikan dengan dokter.
 

  • Infeksi Jamur (Thrush)

Jamur Candida bisa menyebabkan infeksi pada puting susu, menyebabkan gumpalan putih, nyeri, dan kemerahan. Penting untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dari dokter untuk mengatasi infeksi jamur.
 

  • Kista Epidermal

Kista yang berisi keratin atau materi mirip dengan kulit. Kista epidermal biasanya tidak berbahaya, tetapi jika menyebabkan ketidaknyamanan atau berkembang biak, konsultasikan dengan dokter.
 

  • Paget's Disease of the Breast

Kanker langka yang dapat memengaruhi puting susu, menyebabkan perubahan tekstur dan keluarnya cairan. Perlu evaluasi medis segera karena bisa terkait dengan kanker payudara.
 

  • Penggunaan Krim atau Losion

Penggunaan produk perawatan kulit yang dapat menyebabkan penumpukan atau gumpalan. Bila gumpalan disebabkan oleh produk perawatan kulit, biasanya tidak berbahaya dan dapat diatasi dengan menghentikan penggunaan produk tersebut.

 

Jika Anda memiliki kekhawatiran atau melihat perubahan pada puting susu, segera konsultasikan dengan dokter atau spesialis kesehatan payudara untuk evaluasi dan diagnosis yang akurat. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/white-spots-on-nipple

https://www.sydneybreastclinic.com.au/patient-information/white-spot-nipple/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321232

 

YesDok Ads