PENGIDAP GERD BOLEHKAH DIET? INI 5 CARANYA

Diet
+1

April 30, 2024 | Dea

gerd diet, diet untuk penderita gerd, gerd and ibs diet plan, menu diet penderita gerd, gerd diet foods, diet untuk gerd, gerd and gastritis diet, diet gerd adalah, yesdok

Sobat Yesdok, penderita gastroesophageal reflux disease (GERD) sering menghadapi kesulitan untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang karena beberapa makanan dapat menyebabkan gejala asam lambung. Namun, diet yang sehat masih dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Cara Diet Penderita GERD

Pengidap GERD dapat tetap menjalani diet dengan mengikuti pedoman yang disesuaikan. Berikut adalah lima cara untuk diet bagi pengidap GERD, antara lain:
 

1. Pilih Makanan yang Tidak Memicu Asam Refluks

Sayuran hijau, roti gandum, oatmeal, dan daging tanpa lemak adalah makanan yang aman dan tidak memperburuk gejala GERD, menurut Johns Hopkins Medicine. Makanan berlemak tinggi, pedas, atau asam, seperti tomat, jeruk, dan cokelat, juga harus dihindari.
 

2. Makan dalam Porsi Kecil dan Sering

Makan dengan porsi besar dapat menimbulkan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, yang menyebabkan refluks asam. Makan dengan porsi kecil tetapi sering, seperti lima hingga enam kali sehari, dapat membantu mengurangi gejala refluks asam.
 

3. Hindari Makan Larut Malam

Makan larut malam atau sebelum tidur dapat memperburuk gejala GERD karena berbaring membuat asam lambung lebih mudah masuk ke kerongkongan. Jangan lupa untuk makan terakhir anda tiga jam sebelum tidur.
 

4. Pertahankan Berat Badan Sehat

Karena tekanan pada perut, obesitas atau berat badan berlebih meningkatkan risiko GERD. Menurunkan berat badan secara bertahap melalui diet sehat dan olahraga dapat membantu mengurangi gejala GERD.
 

5. Hindari Minuman yang Memicu Asam Refluks

Jika mengonsumsi beberapa minuman, seperti alkohol, kopi, teh, dan minuman berkarbonasi, anda mungkin mengalami refluks asam. Untuk mengurangi risiko gejala GERD, gunakan air putih, jus non-sitrus, atau teh herbal bebas kafein.

Metode di atas masih dapat diterapkan untuk diet pada penderita gastroesophageal reflux (GERD). Untuk menentukan pola makan yang sehat dan aman untuk kesehatan anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. 


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/gerd-diet-foods-that-help-with-acid-reflux-heartburn

https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/gerd-diet-foods-to-avoid-to-reduce-acid-reflux

https://aboutgerd.org/treatment/diet-lifestyle-changes/diet-changes-for-gerd/

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.