PENCEGAHAN KANKER USUS BESAR

April 29, 2024 | Dea

Pencegahan kanker usus besar, perawatan kanker usus besar, penderita kanker usus besar, penyebab kanker usus besar, kanker usus besar gejala, ciri ciri kanker usus besar, kanker usus besar stadium 4, yesdok

Sobat Yesdok, perawatan yang komprehensif diperlukan untuk mencegah kanker usus besar, yang mencakup perubahan gaya hidup, diet, dan pemeriksaan kesehatan teratur. Karena kanker usus besar dapat terjadi pada siapa saja, lebih baik mencegah daripada mengobatinya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Pencegahan Kanker Usus Besar

Berikut adalah enam penjelasan terkait pencegahan kanker usus besar, antara lain:
 

1. Diet Sehat dan Seimbang

Makanan yang tinggi serat, seperti gandum utuh, buah-buahan, dan sayuran, dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Namun, hindari daging merah dan daging olahan yang berlebihan, karena keduanya dapat meningkatkan risiko kanker.
 

2. Aktivitas Fisik dan Olahraga

Secara teratur berolahraga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko kanker usus besar. Olahraga juga mengurangi peradangan dan memperbaiki kesehatan usus.
 

3. Menghindari Alkohol dan Merokok

Faktor risiko kanker usus besar termasuk konsumsi alkohol yang berlebihan dan merokok. Menghindari atau mengurangi konsumsi alkohol dan merokok dapat mengurangi risiko kanker usus besar.
 

4. Pemeriksaan Rutin dan Deteksi Dini

Dengan melakukan pemeriksaan rutin seperti kolonoskopi, anda dapat menemukan polip atau tanda-tanda awal kanker usus besar. Deteksi dini memungkinkan perawatan yang lebih baik dan peluang pemulihan yang lebih besar.
 

5. Mengelola Stres

Selama waktu yang lama, stres dapat berdampak negatif pada kesehatan usus. Melakukan kegiatan dan teknik relaksasi yang membantu anda tetap tenang dan mencegah kanker.
 

6. Menjaga Berat Badan Sehat

Salah satu faktor risiko kanker usus besar adalah obesitas. Menjaga berat badan yang sehat dengan berolahraga dan menjaga diet yang sehat dapat membantu anda mengurangi risiko kanker usus besar.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC10569084/

https://www.wcrf.org/diet-activity-and-cancer/cancer-types/colorectal-cancer/

https://www.cancer.org/cancer/types/colon-rectal-cancer/causes-risks-prevention/what-causes.html

YesDok Ads