PEMIMPIN OPOSISI KORSEL DITUSUK, INI 6 CARA PERTOLONGAN PERTAMA LUKA TUSUK

January 03, 2024 | Dea

luka tusuk adalah, penanganan luka tusuk, luka benda tajam, cara pertolongan pertama pada luka robek, diagnosis luka, luka iris, luka tusuk di leher, pertolongan pertama luka, menghentikan pendarahan, yesdok

Sobat Yesdok, beredar berita terkait peristiwa penusukan yang terjadi kepada pemimpin oposisi Korea Selatan, Selasa (02/01/2024) yaitu Lee Jae Myung pukul 10.27 waktu setempat. Korban diketahui ditusuk pada bagian leher oleh seorang pria yang tidak dikenal saat dirinya sedang melakukan doorstop di bandara yang berada di lokasi pembangunan bandara baru di area Pulau Gadoek, Busan. Kondisinya masih dalam keadaan sadar setelah ditikam dengan berlumuran darah memenuhi sapu tangannya. 

Lee Jae Myung kemudian berhasil dibawa ke rumah sakit sekitar 20 menit pasca penyerangan tersebut. Kondisi ini sangatlah genting karena luka tusuk di leher sangat mengancam nyawa dalam waktu singkat. Sangat diperlukan penanganan pada pertolongan pertama yang tepat pada masa kritis ini.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

6 Cara Pertolongan Pertama Luka Tusuk

Berikut ini beberapa cara melakukan pertolongan pertama kepada korban luka tusuk, antara lain:


1. Panggil Bantuan Medis Darurat

Pastikan berikan ruang dan jarak bagi korban agar mendapatkan suplai oksigen dengan lancar. Setelah memastikan bahwa semua aman, langkah pertama yang sangat penting adalah segera memanggil bantuan medis darurat. Untuk mendapatkan bantuan profesional secepat mungkin, hubungi nomor darurat setempat atau layanan ambulans.


2. Jaga Keamanan Korban dan Diri Sendiri

Sangat penting untuk memastikan keamanan korban dan diri sendiri sebelum memberikan pertolongan pertama.


3. Tetap Tenang dan Bantu Korban Berbaring

Sangat penting untuk tetap tenang saat berada dalam situasi yang penuh tekanan. Korban harus dibantu untuk berbaring dengan lembut, menjaga area luka tetap tenang dan menghindari gerakan yang dapat memperburuk keadaan. 


4. Tekan Luka untuk Menghentikan Pendarahan

Menurut First Aid Pro, cara terbaik untuk mencegah pendarahan dari luka tusukan adalah dengan menggunakan benda bersih dan tekanan yang cukup. Tekanan langsung pada luka dapat membantu mengontrol aliran darah, tetapi hindari benda yang kotor atau tidak bersih.


5. Jangan Angkat Benda Tajam yang Menancap

Sangat penting untuk menghindari mencoba mengangkat objek tajam yang masih menempel pada korban, menurut Online First Aid. Memindahkan objek tanpa pertimbangan medis dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut atau meningkatkan risiko pendarahan.


6. Berikan Dukungan Psikologis

Menurut First Aid for Life, Knife Crime and Serious Bleeding, korban kejadian seperti ini dapat mengalami dampak psikologis yang signifikan, dan mendapatkan dukungan emosional dapat membantu mereka mengatasi trauma yang mungkin mereka alami.


 

Pertolongan pertama yang tepat dan cepat dapat menyelamatkan nyawa korban tusukan. Sangat mungkin berbeda jika anda tahu apa yang harus dilakukan dan segera melakukannya. 

Sebaiknya anda langsung berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan petunjuk pertolongan pertama saat berada dalam situasi darurat tertentu. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok, tersedia akses kesehatan kapan saja dan dimana  saja dalam situasi apapun. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.detik.com/jogja/berita/d-7120654/pemimpin-oposisi-korsel-ditikam-saat-diwawancarai-wartawan

https://onlinefirstaid.com/first-aid-stabbings-victim/

https://www.firstaidpro.com.au/blog/first-aid-for-a-stab-wound-victim/

https://firstaidforlife.org.uk/knife-crime-serious-bleeding/

https://www.safeandsound.uk.net/how-do-i-help-someone-whos-been-stabbed/

 

YesDok Ads