PATAH HATI KARENA PUTUS CINTA, HATI-HATI TERSERANG SINDROM TAKOTSUBO

September 11, 2023 | Dea

sindromtakotsubo, brokenheart, putuscinta

Sobat YesDok, anda pasti sering mengalami kejadian yang membuat hari-hari anda menjadi buruk dan berantakan. Hal-hal yang memicu diri anda menjadi tidak termotivasi, gelisah, hancur, sedih berkepanjangan dan tertekan bukan hanya buruk bagi kondisi psikologis anda saja, namun dapat berdampak buruk pada kinerja jantung anda.

Jantung merupakan organ vital yang memberikan pengaruh besar bagi sistem kerja organ-organ lainnya. Jika otak yang menjadi pemimpin dari sistem tubuh anda maka jantung merupakan pendamping otak dalam memenuhi kebutuhan dasar dalam berperang. 

Namun kinerja jantung anda sangat dipengaruhi oleh kondisi mental anda loh sobat YesDok. Oleh karena itu, banyak orang yang mengalami depresi akut menyebabkan komplikasi pada kesehatan fisiknya. Umumnya dapat menyebabkan serangan jantung.
 

 

Penyebab Sindrom Patah Hati

 

Kata takotsubo berasal dari nama wadah yang digunakan nelayan jepang untuk menangkap gurita. Saat ventrikel kiri jantung berubah bentuk lehernya menjadi sempit dan bagian bawahnya membulat. Sehingga terlihat mirip seperti perangkap gurita.

Menurut para ahli sindrom patah hati gejalanya mirip seperti serangan jantung antara lain nyeri di dada, meningkatnya hormon stress menyebabkan sensasi seperti setruman di jantung memicu perubahan sel otot jantung atau pembuluh darah koroner yang mencegah jantung kiri / ventrikel tidak berkontraksi secara efektif.


 

Efek Sindrom Patah Hati

 

Meskipun faktor awal mulanya terjadi akibat dari masalah psikologis yang di alami oleh penderitaya, tetapi terdapat gangguan lainnya yang menyebabkan kesehatan tubuh menjadi kronis, antara lain :
 

  • Terjadinya hipotensi/ tekanan darah menurun secara tiba-tiba
  • Serangan asma
  • Terjadinya edema paru
  • Pecahnya ventrikel kiri jantung
  • Penyumbatan ventrikel kiri
  • Gagal Jantung
  • Serangan jantung
  • Kematian
  • Aritmia / Detak jantung tidak teratur
  • Palpitasi Jantung/ sensasi berdetak kencang

     

Berdasarkan data yang dilansir dari my.clevelandclinic.org, menjelaskan bahwa kardiomiopati takotsubo / sindrom patah hati ini terjadi pada 2% orang yang berkonsultasi kepada dokter spesialis jantung. Karena gejalanya mirip menyebabkan banyak orang salah sangka. Kasus ini paling sering terjadi pada wanita sekitar 88%.


 

Penanganan Sindrom Patah Hati

 

Berikut adalah hal yang dapat anda lakukan jika mengalami gejala nyeri di dada yang disebabkan setelah ada mengalami hari-hari buruk yang membuat anda tertekan. Antara lain sebagai berikut.
 

  • Pola hidup sehat seperti melakukan olahraga teratur selama 30 menit
  • Konsumsi makanan sehat, 4 sehat 5 sempurna
  • Menghindari nikotin dan alkohol
  • Berusaha untuk lebih terbuka dan sharing kepada orang terdekat


 

Dengan membiasakan diri untuk lebih menerima keadaan, berusaha untuk memaafkan dan bangkit dari ketidak beruntungan, akan membantu anda untuk lebih rileks dan terhindar dari penyakit kronis lainnya.
 

Namun jika anda tidak bisa mengatasi masalah yang anda alami dengan sendirinya, anda dapat melakukan konsultasi oleh psikolog dan dokter spesialis jantung. Sehingga dapat menjalani keseharian dengan baik sobat YesDok.

 

Jika ingin memeriksakan apa yang sebenarnya terjadi pada kesehatan, anda dapat berkonsultasi melalui YesDok secara video call. Anda dapat memeriksa kondisi fisik dan mental anda dimana saja dan kapan saja secara praktis dalam waktu 24 jam.
 

 

REFERENSI
 

https://www.health.harvard.edu/heart-health/takotsubo-cardiomyopathy-broken-heart-syndrome

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17857-broken-heart-syndrome

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/broken-heart-syndrome/symptoms-causes/syc-20354617

YesDok Ads