PADAHAL UDAH CAPEK TAPI TETAP SUSAH TIDUR, SIMAK 6 PENYEBABNYA YUK!

December 21, 2023 | Dea

penyakit gak bisa tidur, penyebab ga bisa tidur, susah tidur gejala apa, gangguan susah tidur, susah tidur malam gejala penyakit apa, ga bisa tidur kenapa, ga bisa tidur malam, apa yang menyebabkan susah tidur, yesdok

Sobat Yesdok, sangat penting bagi tubuh manusia untuk tidur, tetapi terkadang seseorang bisa mengalami kesulitan tidur meskipun tubuhnya sudah lelah. Berbagai hal, seperti masalah kesehatan dan gaya hidup, dapat menyebabkan fenomena ini. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

6 Kesulitan Tidur Meski Lelah

Berikut ini beberapa penyebab seseorang kesulitan tidur meski tubuhnya lelah, antara lain:
 

1. Stres dan Kecemasan

Stres kronis dapat menyebabkan gangguan tidur, termasuk insomnia. Stres dan kecemasan juga merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan susah tidur.


2. Gangguan Tidur

Menurut Cleveland Clinic, gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, dan narcolepsy dapat menyebabkan seseorang merasa lelah tetapi sulit untuk tidur. Salah satu penyebab utama kesulitan tidur adalah ketidakmampuan tubuh untuk memasuki siklus tidur yang mendalam.


3. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Kebiasaan hidup yang tidak sehat, seperti mengonsumsi kafein terlalu banyak, merokok, dan tidak berolahraga, dapat memengaruhi kualitas tidur. Diet yang buruk juga dapat menyebabkan sulit tidur.


4. Gangguan Lingkungan

Menciptakan lingkungan tidur yang tenang, gelap, dan nyaman karena hal-hal seperti kebisingan, suhu ruangan yang tidak nyaman, atau cahaya yang terlalu terang dapat mengganggu tidur.


5. Perubahan Jam Tidur

Sering begadang atau mengubah jadwal tidur secara drastis dapat mengganggu ritme tidur alami tubuh. Hal ini dapat menyebabkan tubuh merasa lelah, tetapi sulit untuk beradaptasi dengan pola tidur baru.

 

6. Konsumsi Zat Tertentu

Beberapa obat, stimulan, atau bahkan suplemen tertentu dapat mengganggu tidur. Klinik Cleveland menyarankan agar orang yang mengalami kesulitan tidur terus-menerus berkonsultasi dengan dokter.

 

Berbagai faktor dapat menyebabkan kesulitan tidur meskipun tubuh sudah lelah. Ini termasuk stres, gangguan tidur, gaya hidup yang tidak sehat, lingkungan yang tidak mendukung untuk tidur, perubahan jadwal tidur, dan konsumsi zat tertentu. Untuk meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan, penting untuk memahami penyebabnya.

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/tired-but-cant-sleep

https://www.naturesbest.co.uk/pharmacy/sleep-health/why-cant-i-sleep-6-reasons-youre-tired-but-cant-sleep/

https://www.helpguide.org/articles/sleep/sleep-disorders-and-problems.htm

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12119-insomnia

 

YesDok Ads