OBAT KOSONG BISA BUAT SEMBUH? KENALI EFEK PLASEBO DALAM KESEHATAN YUK!

October 16, 2023 | Dea

efekplasebo, placeboeffect, kesehatan, keyakinan, mentalhealth, psikologis, medis, penyakit, obatkosong

Sobat YesDok, umumnya saat seseorang sedang merasa sakit maka dirinya akan langsung minum obat. Jika mengidap penyakit tertentu membuatnya menjadi ketergantungan dengan obat. Hal ini sudah dianggap keharusan yang menjadi kebiasaan, meski penyakitnya sebatas pegal-pegal.


 

Meskipun penyakit kronis diawali dengan gejala-gejala sederhana, namun minum obat jika sedikit saja merasakan sakit, sangat tidak dianjurkan dalam kesehatan. Karena obat memiliki efek samping, jika tidak digunakan dalam dosis yang pas. 



 

Sehingga, dalam kesehatan muncul istilah efek plasebo, yang berupa obat kosong namun dapat menyembuhkan pasien, kok bisa sih? Oleh karena itu, anda harus segera menyimak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.




 


 

Mengenal Efek Plasebo



 

Efek plasebo merupakan istilah dalam bahasa latin "Placebo" yang berarti menyenangkan. Namun istilah ini digunakan dalam dunia kesehatan sebagai salah satu terapi  penyembuhan bagi pasien yang menderita penyakit tertentu seperti, insomnia, alergi,  asma, diabetes, stres, kelelahan dan mual.

 

Peranan efek plasebo dalam tubuh sangat signifikan, karena memberikan penyembuhan melalui keyakinan terhadap "obat kosong" yang diresepkan oleh dokter. Hal ini diyakini menimbulkan positive thinking, sehingga dapat memberikan kesembuhan baginya.


 

Plasebo disebut sebagai obat kosong karena obat ini tidak mengandung bahan aktif. Plasebo dapat berupa tablet, kapsul dan cairan injeksi. Kandungannya berupa tepung gula, larutan garam, bahkan hanya berisi air.




 

Dikutip dari Harvard dijelaskan cara kerja efek plasebo yaitu belum dapat dipahami secara signifikan, namun hal ini dapat memberikan perubahan yang baik pada neurobiologis kompleks. Dapat meningkatkan reaksi emosional berupa rasa bahagia, suasana hati dan kesadaran diri.  Karena meningkatnya produksi hormon endorfin dan dopamin melalui neurotransmitter, hingga aktivitas di wilayah otak sehingga memberikan manfaat  terapeutik. 



 

Dalam penelitian yang dilakukan Kaptchuk diterbitkan oleh Science Translational Medicine. Para peneliti menemukan bahwa obat plasebo memberikan peranan 50% sama efektifnya dengan obat yang sebenarnya dalam mengurangi rasa sakit pasien.




 

Manfaat Plasebo Dalam Kesehatan




 

Berikut ini manfaat plasebo dalam kesehatan, antara lain:


 

  • Berperan memberi kesembuhan dengan sendirinya terhadap rasa sakit.
     
  • Berperan sebagai remisi (periode waktu saat gejala penyakit tertentu menjadi hilang).
     
  • Perubahan perilaku ke arah yang positif (mulai menerapkan kebiasaan pola hidup sehat).
     
  • Perubahan persepsi (penderita akan meyakini rasa sakit yang dirinya rasakan tidak seberapa dan ringan).
     
  • Meredakan anxiety (mengurangi tingkat stres penderita).
     
  • Melepas obat pereda nyeri alami tubuh yang berasal dari otak (hormon endorfin).
     
  • Sebagai pengingat gejala penyakit tertentu dalam otak, sehingga penderita akan segera mempersiapkan diri untuk menanggulangi rasa sakit.





 

Jika memiliki keluarga dengan ciri-ciri seperti di atas, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada dokter terkait penyembuhan melalui plasebo. Karena hal ini harus dianalisa oleh ahlinya lebih dalam untuk mendeteksi kemungkinan keberhasilan oleh penderitanya

 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.






 

REFERENSI



 

https://www.health.harvard.edu/mental-health/the-power-of-the-placebo-effect

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/placebo-effect

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/51/berbahayakah-placebo-effect-bagi-pasien

YesDok Ads