NOMOPHOBIA ITU APA? SIMAK 6 CIRINYA, SERING PANIK TANPA PONSEL

January 15, 2024 | Dea

nomophobia, nomophobia definition, what is nomophobia, meaning of nomophobia, nomophobia means, gejala nomophobia, ciri nomophobia, penyebab nomophobia, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda terkait fenomena nomophobia? kondisi ini dikenal sebagai "fobia tidak memiliki ponsel", yang menyebabkan orang menjadi sangat cemas atau takut kehilangan ponsel cerdas atau gadget. Seiring dengan meningkatnya ketergantungan pada teknologi, fenomena ini semakin umum. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Ciri Nomophobia

Kecemasan atau ketakutan yang muncul ketika seseorang tidak dapat menggunakan ponsel cerdas atau tidak dapat menggunakannya dikenal sebagai nomophobia. Istilah ini muncul untuk pertama kalinya pada awal tahun 2010 dan telah menjadi pusat penelitian tentang bagaimana kesehatan mental mempengaruhi kesejahteraan psikologis. 
 

Berikut ini beberapa ciri-ciri seseorang yang mengidap nomophobia, antara lain:
 

1. Kecemasan atau Stres  Ketika Tidak Ada Ponsel

Ketika seseorang tidak dapat mengakses ponsel mereka, mereka mengalami kecemasan atau stres, yang dapat mencakup perasaan terisolasi atau ketakutan kehilangan informasi penting.
 

2. Pengecekan Ponsel yang Berlebihan

Orang yang mengalami nomophobia seringkali memeriksa ponsel mereka terlalu sering, bahkan ketika tidak perlu. Mereka mungkin merasa tidak nyaman jika tidak memeriksa ponsel mereka dalam jangka waktu tertentu.
 

3. Ketergantungan pada Ponsel  

Orang-orang yang bergantung pada ponsel mereka untuk melakukan banyak hal, seperti pesan teks, panggilan, media sosial, dan aplikasi lainnya, merasa sulit untuk hidup tanpanya untuk berinteraksi dan menikmati hiburan.
 

4. Menghindari Situasi tanpa Ponsel

Orang dengan nomophobia mungkin lebih cenderung menghindari situasi atau kegiatan di mana mereka tidak dapat memiliki ponsel. Ini karena mereka merasa tidak nyaman atau gelisah jika harus berada dalam situasi di mana mereka tidak dapat memiliki ponsel.
 

5. Panic Buying Gadget atau Ponsel Baru

Nomophobia adalah fenomena pembelian panik atau pembelian ponsel baru atau perangkat elektronik yang dikaitkan dengan kekhawatiran kehilangan atau kerusakan ponsel saat ini. Individu ini mungkin merasa mereka harus memiliki ponsel cadangan setiap saat.
 

6. Gangguan Fisik dan Psikologis

Nomophobia reaksi tubuh terhadap ketidaknyamanan dan kecemasan yang disebabkan oleh ponsel, dapat menyebabkan gejala fisik dan psikologis seperti denyut jantung yang cepat, ketegangan otot, gelisah, atau bahkan disorientasi.
 

Penanganan nomophobia mencakup kesadaran diri, pengendalian penggunaan ponsel, dan mungkin konsultasi atau terapi kecemasan. Pencegahan juga mencakup kesadaran terhadap dampak ketergantungan pada ponsel terhadap kesehatan mental.

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh



 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6510111

https://www.medicalnewstoday.com/articles/nomophobia#causes

https://www.verywellmind.com/nomophobia-the-fear-of-being-without-your-phone-4781725

 

YesDok Ads