MONDAY BLUES ITU APA? INI 7 CARA MENGATASINYA

January 26, 2024 | Dea

monday blues adalah, monday blues meaning, monday blues artinya, arti monday mood, monday mood artinya, blues artinya, monday adalah, morning blues, yesdok

Sobat Yesdok, Istilah "Monday Blues" digunakan untuk menggambarkan perasaan sedih, malas, atau tidak bersemangat yang sering muncul pada hari Senin. Namun, banyak orang mengalami hal ini, dan ada banyak cara untuk mengatasi perasaan ini dan memulai Senin dengan semangat baru. Dalam artikel ini, akan dibahas apa itu Monday Blues dan memberi anda tujuh cara untuk menanganinya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Cara Atasi Monday Blues

Beberapa orang mengalami Monday Blues sebagai respons terhadap transisi dari akhir pekan yang santai ke kembali ke rutinitas kerja, dan beberapa lainnya mengalami perasaan malas, murung, atau kurang semangat pada awal minggu kerja, khususnya pada hari Senin.

Berikut ini beberapa cara mengatasi monday blues, antara lain:

 

1. Persiapan Sebelumnya

Sejak sebelumnya, persiapkan segala sesuatu yang dapat membantu mengurangi kecemasan pada Senin. Persiapkan pakaian dan barang-barang kerja anda pada malam Minggu agar dapat memulai Senin dengan lebih tenang.
 

2. Rencanakan Aktivitas yang Menyenangkan

Agendakan makan siang bersama teman pada Senin dan berpartisipasi dalam kegiatan yang anda sukai. Ini dapat meningkatkan semangat dan memberikan sesuatu yang ditunggu-tunggu.
 

3. Mulai dengan Tugas Kecil

Untuk menumbuhkan perasaan pencapaian pada awal minggu dan meningkatkan motivasi anda, mulailah hari Senin dengan menyelesaikan tugas-tugas kecil dan mudah.
 

4. Atur Rutinitas Pagi yang Menyenangkan

Untuk meningkatkan energi, buat rutinitas pagi yang menyenangkan dan menghibur. Mendengarkan musik, membaca buku, atau bahkan berolahraga adalah beberapa contohnya.

 

5. Fokus pada Aspek Positif

Mengalihkan perhatian anda dari hal-hal yang membuat bosan dengan memikirkan hal-hal baik yang akan anda temui minggu ini. Daftarkan beberapa tujuan atau pencapaian anda.
 

6. Buat Jeda di Tengah Hari

Ada baiknya membuat jeda di tengah hari untuk menghindari rutinitas kerja. Berjalan-jalan, mendengarkan musik, atau melakukan aktivitas apapun dapat membantu meredakan stres.
 

7. Ciptakan Atmosfer Positif di Tempat Kerja

Dengan menyapa rekan kerja dengan senyuman, berbagi cerita positif, dan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, anda dapat membantu meningkatkan semangat di tempat kerja.

Monday Blues adalah pengalaman umum yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Anda dapat mengubah persepsi hari Senin dan memulai minggu dengan lebih positif dengan mempersiapkan sebelumnya, membuat rutinitas pagi yang menyenangkan, dan fokus pada hal-hal yang baik.
 

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.forbes.com/sites/jacquelynsmith/2013/02/25/11-ways-to-beat-the-monday-blues

https://www.healthline.com/health/monday-blues

https://psychcentral.com/depression/monday-blues

YesDok Ads