MINUM OBAT FLU, ALCA ISTRI BINTANG EMON POSITIF NARKOBA? INI FAKTANYA

April 29, 2024 | Dea

penyebab alca positif narkoba, istri bintang emon, kandungan obat flu, bahaya narkotika, narkotika adalah, golongan narkotika, obat flu, obat flu batuk, kandungan obat flu, efek samping obat flu, yesdok

Sobat Yesdok, baru-baru ini netizen dikagetkan dengan unggahan komika Bintang  Emon, dirinya membagikan pengalaman menarik dan cukup mendebarkan terkait hasil tes narkoba Alca yang dinyatakan positif. Hal ini tentunya mengejutkan Alca (istri) karena dirinya yakin bahwa tidak pernah menyentuh obat ilegal tersebut. Artikel ini akan membahas penyebab potensial yang dapat menjelaskan mengapa Alca, istri Bintang Emon, dinyatakan positif narkoba setelah minum obat flu.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Positif Narkoba Karena Obat Flu

Ternyata setelah ditelusuri lebih dalam, penyebabnya yaitu sebelum melakukan medical check up, Alca mengonsumsi obat flu yang diberikan oleh suaminya. Kejadian ini  dapat terjadi karena berbagai faktor terkait kandungan obat flu. Hasil tes positif narkoba pada setelah mengonsumsi obat flu, dapat dijelaskan secara medis. 

Obat flu mengandung bahan seperti pseudoefedrin yang dapat menyebabkan hasil tes positif palsu karena struktur kimia yang hampir mirip dengan senyawa narkotika. Komponen aktif lainnya dari obat flu, seperti dextrometorfan, juga dapat menyebabkan hasil tes narkoba positif. Untuk menghindari hasil tidak akurat tersebut, dokter mungkin menyarankan untuk menghentikan penggunaan obat tertentu beberapa hari sebelum tes narkoba atau menyertakan resep sebagai bukti saat diuji.

 

Berikut ini beberapa fakta dan penjelasan secara medis terkait peristiwa tersebut, antara lain:
 

1. Pseudoefedrin

Obat flu aktif ini sering digunakan untuk mengobati hidung tersumbat. Namun, karena sifat kimianya yang mirip dengan beberapa senyawa narkoba, penggunaan obat ini dapat menghasilkan hasil tes narkoba yang salah.
 

2. Dextrometorfan

Karena kemiripan struktural dengan beberapa obat terlarang, bahan ini biasanya digunakan dalam obat batuk dan juga dapat menyebabkan hasil tes narkoba positif palsu.
 

3. Ibuprofen

Obat antiinflamasi ibuprofen dapat menghasilkan hasil tes narkoba positif. Ini karena beberapa zat pengurainya dapat menghasilkan hasil yang sama pada alat uji narkoba.
 

4. Sertraline

Obat antidepresan ini juga dapat menimbulkan hasil positif yang salah jika dikonsumsi bersama dengan obat flu atau secara bersamaan.
 

5. Interaksi dengan Obat Lain

Orang yang mengonsumsi obat flu tertentu disarankan untuk menunggu beberapa hari sebelum melakukan tes narkoba karena mengonsumsi beberapa obat flu secara bersamaan atau dengan obat lain yang memiliki bahan kimia yang mirip dengan narkoba dapat menyebabkan hasil tes narkoba yang positif.
 

6. Ketidaktepatan Alat Uji

Alat uji narkoba yang mungkin kurang sensitif, sehingga reaksi yang disebabkan oleh beberapa bahan aktif dalam obat flu dapat menyebabkan hasil positif yang kurang akurat. Ketidaktepatan ini dapat terjadi karena kesamaan kimiawi antara beberapa obat flu dan senyawa yang termasuk dalam narkotika.

Sangat penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini dan meminta pemeriksaan ulang jika anda mendapatkan hasil tes narkoba yang positif karena obat flu. Selalu bawa resep obat dan beritahu petugas pengujian tentang obat apa yang telah anda minum sebelum tes.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://nida.nih.gov/publications/drugfacts/over-counter-medicines

https://www.drugs.com/article/false-positive-drug-tests.html

https://www.dasa.net.au/post/can-cold-medicine-make-you-fail-a-drug-test

https://www.kompas.com/tren/read/2024/04/26/153000365/istri-bintang-emon-positif-narkoba-usai-minum-obat-flu-kok-bisa

YesDok Ads