MINUM ES BISA BUAT DARAH JADI BEKU SAAT HAID, MITOS ATAU FAKTA?

November 13, 2023 | Dea

Dampak minum air es saat haid, penyebab haid tidak lancar, penyebab kram saat haid, rahim, sistem pencernaan, siklus menstruasi, siklus haid, makanan memperburuk haid, minuman memperburuk haid, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah dilarang minum air dingin atau es saat sedang mengalami menstruasi? Beberapa orang tua bahkan memarahi anda jika mengonsumsi air es menjelang haid. Kebiasaan ini dianggap dapat mengganggu proses peluruhan dinding rahim dan menyebabkannya terhambat.


 

Mitos ataukah fakta hal tersebut dapat mempengaruhi  siklus haid? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.







 

Penyebab Haid Tidak Lancar


 

Haid atau istilah medisnya menstruasi merupakan kondisi peluruhan dinding rahim yang terjadi setiap bulannya tepatnya 28 hari, kondisi ini menyebabkan keluarnya darah dari vagina secara bertahap hingga 3 - 7 hari lamanya. 
 

Menstruasi adalah proses normal dari organ reproduksi wanita, sel telur dilepaskan oleh rahim untuk dapat dibuahi oleh sperma. Namun dalam prosesnya dinding rahim akan menebal (endometrium)  yang berisi pembuluh darah, dinding tersebut akan diluruhkan jika tidak terjadi pembuahan dalam rahim.
 

Saat terjadinya kondisi ini, wanita akan mengalami rasa kram di perutnya, kelelahan, ketidakstabilan emosi dan sakit kepala. Siklus menstruasi diatur dan dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh.  Keseimbangan hormon tersebut sangat dipengaruhi oleh kondisi fisik dan psikologis seseorang.

 

Berikut ini beberapa hal yang dapat mempengaruhi siklus haid menjadi tidak lancar, antara lain:

 

  • Mengonsumsi alkohol
     
  • Mengonsumsi kopi dan kafein
     
  • Mengonsumsi soda
     
  • Makanan junk food
     
  • Makanan tinggi lemak
     
  • Produk susu
     
  • Biji-bijian 
     
  • Makanan dengan garam yang tinggi
     
  • Makanan pedas
     
  • Mengonsumsi daging






 

Mitos atau Fakta Terkait Air Es
 

Air es tidak mempengaruhi terhambatnya atau memperburuk kondisi haid seseorang. Hal tersebut merupakan mitos. Minum es juga tidak akan membekukan darah, karena ketika air es masuk kedalam pencernaan, suhunya akan disesuaikan dengan suhu tubuh. Proses ini terjadi dalam saluran pencernaan, sedangkan proses menstruasi terjadi di dalam rahim sepenuhnya secara anatomi keduanya terpisah.
 

Namun hal yang sangat mempengaruhi proses menstruasi adalah  prostaglandin, merupakan bahan kimia alami yang terdapat dalam tubuh. Hal ini bertanggung jawab atas kontraksi rahim untuk melepaskan endometrium (lapisan dalam rahim). Tingginya kadar prostaglandin dapat menyebabkan kram yang kronis pada rahim. Es krim mengandung asam arakidonat yang dapat meningkatkan kadar prostaglandin. Es krim tentunya berbeda dengan air es, karena air es tidak memiliki campuran lainnya.

 

Namun jika anda merasa bahwa siklus haid anda terganggu, padahal sudah berusaha untuk menghindari makanan dan minuman seperti penjelasan di atas. Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI


 

https://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1698-bolehkah-minum-es-saat-sedang-menstruasi

https://www.medparkhospital.com/en-US/lifestyles/diet-and-menstruation

https://www.pristyncare.com/blog/do-cold-foods-and-drinks-worsen-period-cramps-pc0101/

 

YesDok Ads