MENCARI PASANGAN MIRIP IBU? WASPADAI MENGIDAP OEDIPUS COMPLEX

October 26, 2023 | Dea

oedipuscomplex, fenomena, psikoseksual, psikologi, sigmundfreud, ibudananak, ayahdananak

Sobat YesDok, pernahkah anda melihat berita yang sempat viral terkait pria yang berselingkuh dengan mertuanya? Tentunya hal ini memberikan tanda tanya besar di benak anda semua, mengapa tertarik dengan wanita yang jauh lebih tua darinya, sementara istri sendiri masih muda dan sangat cantik. 


 

Tentunya kondisi ini dapat dijelaskan secara psikologis, diistilahkan dengan oedipus complex. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.





 

Mengenal Oedipus Complex


 

Oedipus complex merupakan suatu kondisi terkait gangguan mental yang lebih spesifik terkait penyimpangan emosional dan hasrat seksual terhadap ibu sendiri atau sosok ibu. Kondisi ini termasuk gairah seksual terhadap wanita yang lebih tua darinya dan sosok wanita yang mirip dengan ibunya. 
 

Istilah ini berasal dari kisah Yunani kuno pada keluarga Sophocles. Karakter Oedipus Rex sangat menyukai ibunya, dan tanpa sadar membunuh ayahnya lalu dirinya menikahi ibunya sendiri.
 

Oedipus complex merupakan salah satu teori psikoseksual yang diperkenalkan oleh Sigmund Freud atau bapak psikologi yaitu pada tahun 1899. Ia mengungkapkan istilah tersebut karena fenomena yang mendeskripsikan pengalaman anak-anak merasakan fiksasi (perasaan mendalam) terhadap orang tua lawan jenisnya.

 

Menurut teorinya semua anak pastinya melewati fase oedipus sebagai bagian dari perkembangan seksual alami. Namun, hal ini menjadi masalah besar ketika anak tidak mampu mengontrol dan mengidentifikasikan perasaan sayang yang semestinya terhadap orang tua dan anak, sehingga dirinya mempersepsikan perasaan tersebut sama dengan gairah seksual terhadap lawan jenis lainnya hingga dewasa.

 

Fase oedipus ini terjadi saat anak berusia 3-6 tahun, Namun oedipus juga dapat terjadi kepada anak perempuan. Anak akan menganggap ayahnya/ibunya sebagai musuh. Dirinya akan merasa cemburu, iri dan benci dengan ayahnya/ibunya karena mendapatkan perlakuan dan kasih sayang yang tidak sama ia terima dengan ayahnya (termasuk aktivitas seksual). 

 

Berikut ini beberapa gejala oedipus complex, antara lain:

 

  • Marah dan bermusuhan dengan dengan orang tua lawan jenisnya sejak kecil.
     
  • Selalu berusaha untuk mendapatkan perhatian pada salah satu orang tua saja.
     
  • Sangat marah dan iri terhadap ayahnya jika bersenggama dengan ibu.
     
  • Bertindak posesif terhadap ibunya.
     
  • Suka memaksa tidur di antara kedua orang tuanya.
     
  • Hingga dewasa dirinya mungkin memendam perasaan terhadap ibu, namun akan mencari pasangan yang mirip sekali dengan sosok ibu.
     
  • Berusaha memaksa pasangan untuk terlihat dan bersikap seperti ibunya.
     
  • Membanding-bandingkan pasangan dengan ibunya.
     
  • Menjadikan ibunya sebagai tolak ukur fantasi seksual.



 

Jika anda memiliki keluarga dengan ciri-ciri seperti di atas, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada psikolog. Karena hal ini dapat membuat dirinya rentan mengalami masalah mental terkait hubungan asmara di masa depan. 


 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.





 

REFERENSI


 

https://www.verywellmind.com/what-is-an-oedipal-complex-2795403

https://www.simplypsychology.org/oedipal-complex.html

https://psychcentral.com/health/oedipus-complex#symptoms

YesDok Ads