MEMPERLANCAR PENCERNAAN, CARI TAHU 4 MANFAAT SUSU YUK!

November 02, 2023 | Dea

susu, ASI, sapi, mamalia, tulang, vitamin, osteoporosis, kalsium, protein, mineral, air, yesdok

Sobat YesDok, anda pasti setuju jika susu terasa sangat nikmat dan digemari oleh siapapun. Selain rasanya yang sedikit manis, segar dan dapat dikombinasikan dengan variasi rasa lainnya seperti coklat dan buah-buahan. Selain itu, susu adalah sumber kalsium dan protein yang baik bagi  tubuh dan sangat terkenal baik bagi pertumbuhan tulang.
 

 

Namun sudah tahukah anda manfaat lainnya dari susu? Jika belum sebaiknya anda simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.






 

5 Manfaat Mengonsumsi Susu
 

Susu merupakan cairan yang dihasilkan dari kelenjar susu mamalia, termasuk manusia (ASI). Namun susu sapi utuh yang umumnya dikonsumsi berbagai kalangan mengandung sekitar 87% air dan 13% mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. 
 

Susu juga mengandung hormon insulin-like-growth factor-1 (IGF-1), estrogen dan progestin. Susu mengandung kalsium, protein, vitamin B2 (riboflavin), vitamin B12, potassium, fosfor, magnesium, zinc, iodine, vitamin A dan vitamin D. 


 

Berikut ini manfaat susu bagi tubuh, antara lain:
 

  • Susu Menjaga Kepadatan Tulang
     

Susu mengandung kalsium dan fosfor yang sangat baik bagi kesehatan tulang dan gigi. Hal ini mengurangi resiko osteoporosis  dan patah tulang dikemudian hari. 
 

 

  • Kesehatan Jantung
     

Susu dapat memelihara kesehatan jantung, namun tidak berlaku bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung. Karena susu mengandung lemak. Namun susu mengandung potasium, magnesium dan kalsium yang membantu mengatur tekanan darah dan kinerja jantung.

 

  • Membantu Pencernaan
     

Mengonsumsi susu dapat membantu memperlancar saluran pencernaan, selain itu mengandung banyak nutrisi sehingga membantu perkembangan metabolisme tubuh. Selain itu susu adalah sumber protein sehingga dapat membangun massa  otot dan mengurangi lemak tubuh.


 

  • Susu Mencegah Penyakit Kronis
     

Susu dapat menurunkan resiko obesitas, diabetes tipe-2, kanker usus besar serta kanker payudara. Karena susu kaya akan nutrisi yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. 





 

REFERENSI


 

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/milk/

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/milk

https://www.healthhub.sg/live-healthy/dear-dairy

YesDok Ads