MATA SERING BERKEDUT? BEGINI CARA MENGATASINYA, SIMAK YUK!

November 22, 2023 | Dea

Mata berkedut sebelah kanan, mata berkedut sebelah kiri, mata berkedut, arti mata berkedut sebelah kanan, arti mata berkedut sebelah kiri, mata bawah kanan berkedut, penyebab mata berkedut, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda mengalami mata yang tiba-tiba berkedut dengan sendirinya secara berkali-kali? Hal ini tentunya sedikit mengganggu karena membuat fokus anda menjadi terbagi. Selain itu, sensasi mata berkedut ini tidak dapat dikontrol dan tidak bisa diprediksi kapan akan muncul dan berhenti. Tentunya hal ini membuat anda bertanya-tanya tentang kondisi tersebut.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini sebagai berikut.

 

Penyebab Mata Sering Berkedut

Kedutan pada mata kanan merupakan gangguan kecil pada mata yang dapat hilang dengan sendirinya. Hal tersebut umumnya tanda dan sinyal dari tubuh agar seseorang melakukan dekompresi dan meredakan stres. Kedutan kelopak mata merupakan kondisi ringan dan tidak mempengaruhi penglihatan. Namun beberapa masalah neurologis yang membuat otot mata berkontraksi. 

Kondisi tersebut yakni blepharospasm dan hemifacial spasm. Kondisi ini dapat mempengaruhi otot di kelopak mata yang menyebabkan kedutan atau kedipan yang tidak disengaja. Dalam kasus yang parah, kondisi ini dapat berlangsung berjam-jam yang mengakibatkan penutupan kelopak mata secara paksa.

 

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan mata kanan sering berkedut, antara lain:
 


 

Cara Mengatasi Mata Sering Berkedut

Berikut ini beberapa cara mengatasi mata kanan sering berkedut, antara lain:
 

  • Istirahatkan Mata

Cobalah untuk mengistirahatkan mata apalagi saat terpapar radiasi dalam waktu yang lama. Karena mata yang berkedut adalah sinyal dari tubuh bahwa mata mengalami kelelahan.
 

  • Kompress Dingin

Gunakan kantung es atau lap dingin dan letakkan di atas mata selama beberapa menit untuk mengompres mata yang berkedut-kedut.
 

  • Hindari Stimulan

Kurangi konsumsi kafein dan hindari merokok, karena keduanya dapat mempengaruhi kesehatan mata dan berkontribusi terhadap kedutan.
 

  • Cukup Tidur

Pastikan Anda mendapatkan cukup tidur setiap malam. Kekurangan tidur dapat menyebabkan kelelahan mata dan kedutan.
 

  • Minum Air yang Cukup

Pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan cukup minum air. Dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab kedutan.
 

  • Pijat Ringan

Lakukan pijatan ringan pada area sekitar mata untuk membantu meredakan ketegangan otot. Pijatlah dengan lembut menggunakan ujung jari.
 

  • Gunakan Obat Tetes Mata

Mata kering menjadi pemicu mata sering berkedut, gunakan tetes mata buatan yang dapat membantu memberikan kelembaban pada mata.
 

  • Kacamata atau Lensa Kontak yang Tepat

Mengenakan kacamata atau lensa kontak yang tepat dapat membantu meringankan stres pada mata.
 

 

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada dokter neurologi. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17663-eye-twitching

https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/eye-twitching

https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/how-to-stop-eye-twitching

 

YesDok Ads