MANIS DI MULUT! INI 7 TANDA SOFT SPOKEN MANIPULATOR

March 28, 2024 | Dea

soft spoken artinya, soft spoken, soft spoken meaning, soft spoken person, what is soft spoken, manipulator adalah, manipulation artinya, ciri ciri manipulator, yesdok

Sobat Yesdok, di dunia yang penuh dengan interaksi sosial, seringkali kita bertemu dengan orang-orang yang memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mempengaruhi orang lain dengan senyuman dan kata-kata manis. Namun, ada saat-saat ketika niat yang tidak baik tersembunyi di balik keindahannya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Tanda Soft Spoken Manipulator

Berikut ini tanda-tanda yang mengindikasikan seseorang sebagai manipulator soft spoken yang mungkin berpotensi merugikan orang lain, antara lain:
 

1. Ketidakjujuran yang Tersembunyi

Meskipun manipulator yang berbicara lemah lembut biasanya menggunakan kata-kata yang baik hati, ada niat tersembunyi di balik tindakan mereka untuk memanipulasi situasi. Untuk mencapai tujuan mereka, mereka mungkin menyampaikan informasi yang tidak sepenuhnya akurat atau menyembunyikan fakta-fakta penting.
 

2. Pengabaian terhadap Batasan Pribadi

Mereka sering mengabaikan batasan pribadi orang lain, terutama saat meminta bantuan atau meminta sesuatu. Mereka dapat meyakinkan orang lain untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya melanggar batasan mereka sendiri dengan menggunakan kelembutan mereka.
 

3. Manipulasi Emosi

Kemampuan untuk memanipulasi emosi orang lain dengan kata-kata yang halus adalah salah satu ciri manipulator yang lemah suaranya. Mereka mungkin menggunakan pujian atau perhatian yang berlebihan untuk menarik perhatian dan memperoleh kepercayaan mereka.
 

4. Pengaruh yang Subtil

Mereka cenderung menggunakan pengaruh yang lebih halus dan tidak langsung daripada yang lebih kasar. Mereka dapat menggunakan saran atau bahkan saran yang terdengar masuk akal, tetapi sebenarnya bertujuan untuk mengarahkan orang lain sesuai keinginan mereka.
 

5. Pembatasan Kebebasan

Manipulator yang berbicara halus mungkin dengan halus berusaha membatasi kebebasan orang lain. Mereka mungkin memberi nasihat atau arahan yang terdengar masuk akal, tetapi pada kenyataannya mereka berusaha untuk memegang kendali atas pilihan dan tindakan orang lain.
 

6. Perubahan Narasi

Mereka cenderung memutarbalikkan fakta atau mengubah cerita untuk menyesatkan orang lain, yang dapat membuat orang bingung atau meragukan realitas mereka sendiri, memudahkan manipulator untuk memanipulasi situasi.
 

7. Ketidakpuasan yang Tersembunyi

Manipulator yang berbicara halus seringkali merasa tidak puas dengan diri mereka sendiri atau keadaan di sekitar mereka, yang dapat mendorong mereka untuk mencari cara untuk mengendalikan orang lain untuk merasa lebih berdaya.

Sangat penting untuk meningkatkan kesadaran diri sendiri dan memperhatikan tanda-tanda manipulasi. Untuk melindungi diri dari efek negatif dari manipulasi bahasa halus, anda harus berkomunikasi dengan jelas dan menetapkan batasan yang sehat.

 



Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.choosingtherapy.com/male-narcissist/

https://www.webmd.com/mental-health/signs-manipulation

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/communication-success/201510/14-signs-psychological-and-emotional-manipulation

 

YesDok Ads