MANFAAT MENGONSUMSI VITAMIN B KOMPLEKS

March 25, 2024 | Dea

vitamin b kompleks, vitamin b komplek untuk apa, fungsi vitamin b kompleks, manfaat vitamin b kompleks, khasiat vitamin b komplek, apa manfaat vitamin b kompleks, manfaat vitamin b kompleks untuk tubuh, yesdok

Sobat Yesdok, Vitamin B kompleks, yang terdiri dari delapan vitamin yang berbeda, adalah nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Meskipun setiap vitamin B memiliki peran unik, kompleks ini sering dikonsumsi bersamaan karena saling mendukung dan memperkuat efeknya satu sama lain. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Manfaat Vitamin B Kompleks

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari mengonsumsi vitamin B kompleks, antara lain:
 

1. Menjaga Kesehatan Saraf

Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan gangguan neurologis, termasuk neuropati dan gangguan kognitif. Vitamin B1 (tiamin), B6 (piridoksin), dan B12 (kobalamin) secara khusus bertanggung jawab untuk menjaga fungsi normal sistem saraf.
 

2. Meningkatkan Energi

Vitamin B kompleks berfungsi dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein untuk menghasilkan energi. Vitamin B1, B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), dan B7 (biotin) memainkan peran penting dalam proses ini. Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan kelelahan.
 

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa vitamin B, seperti asam folat, B6, dan B12, dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi kadar homosistein dalam darah. Homosistein yang tinggi telah terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung.
 

4. Mendukung Kesehatan Mental

Produksi neurotransmitter, yang penting untuk fungsi kognitif dan mood yang sehat, membutuhkan vitamin B kompleks. Kekurangan vitamin B telah dikaitkan dengan risiko gangguan suasana hati dan kecemasan.
 

5. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin B kompleks, terutama B6, B9 (asam folat), dan B12, bertanggung jawab atas produksi dan fungsi sistem kekebalan tubuh serta produksi dan pemeliharaan sel darah merah dan putih.
 

6. Mendukung Kesehatan Kulit dan Rambut

Beberapa vitamin B, seperti niacin dan biotin, sangat penting untuk kesehatan kulit dan rambut yang baik. Biotin, misalnya, dikenal untuk memperkuat kuku dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Selain itu, vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai makanan, seperti daging, ikan, produk susu, biji-bijian, dan sayuran hijau, tetapi juga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon, mendukung fungsi sistem pencernaan, dan meningkatkan kesehatan mata.
 

Untuk memenuhi kebutuhan harian beberapa orang, suplemen mungkin diperlukan, terutama jika mereka menjalani diet yang terbatas atau memiliki kondisi medis tertentu yang mengganggu penyerapan nutrisi mereka.




Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/food-nutrition/vitamin-b-complex

https://www.webmd.com/diet/health-benefits-b-complex

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324856

 

YesDok Ads