MANDI MALAM BIKIN PARU-PARU BASAH? MITOS ATAU FAKTA

November 23, 2023 | Dea

pneumonia, pneumonia adalah, gejala pneumonia, apa itu pneumonia, paru paru basah, penyebab paru paru basah, apakah mandi malam berbahaya, ciri ciri pneumonia,  yesdok

Sobat Yesdok, apakah anda pernah mendengar larangan untuk mandi di malam hari karena dianggap dapat menyebabkan penyakit paru-paru basah atau pneumonia? Tentunya hal ini merupakan kesalahan umum yang sudah dianggap fakta bagi masyarakat. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan paru-paru basah?

Oleh karena itu, Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.
 

Penyebab Pneumonia

Istilah "paru-paru basah" yaitu bahasa awam, namun dalam medis dapat disebut dengan pneumonia. Pneumonia merupakan infeksi pada paru-paru yang dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, termasuk bakteri, virus, jamur, atau parasit. Berikut adalah beberapa penyebab umum pneumonia atau paru-paru basah, antara lain:

 

  • Bakteri 

Bakteri merupakan salah satu penyebab pneumonia. Bakteri Streptococcus pneumoniae (pneumokokus) yakni bakteri paling umum, tetapi bakteri lain seperti Haemophilus influenzae dan Mycoplasma pneumoniae juga dapat menyebabkan pneumonia.
 

  • Virus

Beberapa jenis virus, terutama virus influenza (flu) dan virus respiratori seperti virus syncytial respiratori (RSV) juga menyebabkan pneumonia, terutama saat sistem kekebalan tubuh yang lemah.
 

  • Jamur

Infeksi jamur pada paru-paru, seperti Pneumocystis jirovecii, dapat menyebabkan pneumonia, terutama pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah, seperti pada penderita HIV/AIDS.
 

  • Parasit

Parasit Toxoplasma gondii dapat menyebabkan pneumonia pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah.
 

  • Aspirasi

Kondisi ini ditandai saat cairan masuk ke dalam paru-paru, menyebabkan iritasi dan infeksi. Misalnya tersedak makanan atau cairan.
 

  • Faktor Risiko Tambahan

Penyebab lainnya yakni usia lanjut, merokok, masalah kekebalan tubuh, kondisi kronis seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), diabetes, atau penyakit jantung.


 

Gejala pneumonia meliputi demam, batuk, sesak napas, nyeri dada, dan kelelahan. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala pneumonia, segera konsultasikan dengan profesional kesehatan. 

Pneumonia dapat memerlukan perawatan medis yang sesuai, termasuk penggunaan antibiotik jika infeksinya disebabkan oleh bakteri. Penting untuk diingat bahwa "paru-paru basah" adalah istilah umum oleh karena itu kaitannya dengan mandi malam yang menyebabkan paru-paru basah adalah mitos.


 

REFERENSI

https://www.lung.org/lung-health-diseases/lung-disease-lookup/pneumonia/five-facts-you-should-know

https://www.fastmed.com/health-resources/how-do-you-get-pneumonia/

 

YesDok Ads