MAKANAN YANG BAIK BAGI PENYEMBUHAN TULANG

September 14, 2023 | Dea

tulang, kalsium, makanan, nutrisi, vitaminD

Sobat YesDok, apakah anda menyadari bahwa pertumbuhan tulang yang baik merupakan dasar kesehatan yang perlu diperhatikan untuk menjaga keutuhan tubuh dan organ-organ lainnya. Tulang sebagai penopang dan kerangka pembentuk struktur tubuh kita memiliki beban kerja yang besar.
 

Sebagai penopang tubuh hendaknya anda harus memperhatikan kesehatan dan pembentukkan tulang anda apakah ternutrisi dengan baik atau tidak. Jika pondasi dasar tubuh anda tidak kuat bagaimana anda akan menjalani aktivitas berat setiap harinya.
 

Oleh karena itu, jika anda pernah mengalami kecelakaan dan cedera pada tulang, anda harus segera menyimak lebih dalam makanan yang dapat memberikan suplai bagi penyembuhan tulang yang terbaik bagi tubuh anda sebagai berikut.



 

Makanan Menutrisi Tulang


 

Tulang merupakan penyangga tubuh organ paling keras yang ada pada tubuh yang bersifat kuat, kokoh dan kaku yang berfungsi untuk memberikan postur, kerangka dan sebagai alat gerak  pada tubuh. 
 

Kalsium merupakan salah satu zat yang sangat diperlukan bagi tulang anda untuk membentuk kepadatan dan kekuatan tulang. Selain itu, vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. 

 

Orang dewasa membutuhkan asupan 1.200 miligram kalsium dan 400-600 IU vitamin D. Anak-anak memerlukan 1000 miligram kalsium  dan 200 IU vitamin D.


 

Oleh karena itu, anda harus memperhatikan gizi yang dapat memenuhi pertumbuhan dan penyembuhan tulang, antara lain :


 

  • Susu

Seperti yang kita semua tahu bahwa susu merupakan sumber protein hewani dan mengandung banyak kalsium. Sekitar 230 mililiter atau segelas susu mengandung sekitar 30% kalsium


 

  • Kedelai

Kedelai sangat baik bagi pertumbuhan tulang, bahkan susu kedelai juga sama baiknya denagan protein hewani. Kedelai mengandung 1000 mg kalsium.


 

  • Telur

Telur sangat baik bagi pertumbuhan tulang selain mengandung kalsium, juga mengandung vitamin D.


 

  • Salmon

3 ons salmon mengandung 180 mg kalsium dan kaya akan mineral. Selain itu salmon juga sumber protein tinggi, mengandung omega 3 sebesar 2,018 mg yang bagus bagi nutrisi otak.


 

  • Tahu

Tahu mengandung sekitar 430 mg kalsium dalam porsi 4 ons dan mengandung protein yang bagus bagi pertumbuhan dan kesehatan tulang.

 

  • Almond

Almond sangat baik bagi tubuh dan memberikan banyak nutrisi, salah satunya mengandung 190 mg kalsium yang sangat baik bagi tulang.

 

  • Keju

Kalsium terbesar juga berasal dari keju sekitar 331 mg atau setara dengan 33% pemenuhan kalsium untuk tulang anda.


 

Oleh karena itu, sobat YesDok harus membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan sumber kalsium. Karena tulang anda perlu diberi nutrisi agar tetap kuat dan terhindar dari berbagai penyakit tulang terutama osteoporosis yang dapat menghambat aktivitas dan pekerjaan anda di masa depan.



 

REFERENSI


 

https://pemkomedan.go.id/artikel-13362-10-makanan-pembentuk-tulang-sehat-dan-kuat.html

https://health.kompas.com/read/2020/08/12/060000168/9-makanan-yang-baik-untuk-kesehatan-tulang?page=all

https://www.nhs.uk/live-well/bone-health/food-for-strong-bones/

https://www.health.harvard.edu/womens-health/surprising-foods-that-boost-bone-health

YesDok Ads