Lutut Bunyi Saat Ditekuk, Bahayakah?

December 25, 2022 | Aqiyu

Lutut Bunyi Saat Ditekuk

Pernah mendengar bunyi saat menekuk lutut? Ada beberapa kasus yang membuat lutut bunyi saat ditekuk. Mungkin banyak yang bertanya, apakah lutut bunyi saat ditekuk berbahaya? Adakah hubungannya dengan suatu penyakit?

Lutut berbunyi saat ditekuk tanpa rasa sakit umumnya tidak memerlukan penanganan khusus. Namun sebuah penelitian menyebutkan bahwa lutut yang berbunyi memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami arthritis atau radang sendi di masa depan. Kondisi lutut berbunyi yang diabaikan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih serius. Bila telat ditangani maka kerusakan sendi lutut bisa membuat Anda harus menjalani operasi sendi lutut.

Penyebab lutut berbunyi bisa karena adanya gelembung gas, peradangan pada ligamen dan tendon, variasi bentuk lutut, cedera, radang sendi hingga pasca operasi. Lutut berbunyi merupakan kondisi normal yang sebenarnya tidak membahayakan. Namun dengan catatan tidak disertai dengan gejala lainnya. Kondisi lutut berbunyi yang muncul bersamaan dengan rasa sakit harus segera diobati.

Jika dibiarkan lutut berbunyi dapat berubah menjadi arthritis. Arthritis atau radang sendi yang menyebabkan nyeri dan kekakuan yang dapat memburuk seiring bertambahnya usia. Berbagai jenis artritis yang ada, masing-masing dengan penyebab yang berbeda termasuk keausan, infeksi, dan penyakit yang mendasarinya. Gejalanya meliputi nyeri, pembengkakan, rentang gerak yang berkurang, dan kekakuan. Obat, terapi fisik, atau terkadang operasi membantu mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup.

Jika lutut Anda berbunyi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kondisinya tidak semakin memburuk, caranya dengan menjaga berat badan tetap ideal. Gunakan kompres es untuk mengurangi peradangan. Melakukan terapi fisik untuk memperkuat otot lutut, rutin olahraga low impact, mengkonsumsi makanan yang mengandung bernutrisi seimbang serta berhenti merokok.

Selain itu, lutut berbunyi  dengan rasa sakit juga bisa menjadi pertanda dari osteoarthritis, gejala radangs endi menular dan cedera lutut. Untuk memastikan keluhan ini, Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang terhadap lutut. Pemeriksaan fisik ini untuk mengetahui gerak sendiri lutut dan mengetahui struktur jaringan lunak di luar tulang.

Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: harvard)

YesDok Ads