LUFFY ONE PIECE BERAMBISI JADI RAJA BAJAK LAUT, SIMAK DAMPAK AMBISI BAGI PSIKIS YUK

November 14, 2023 | Dea

ambisi artinya, penyebab ambisi, tanda ambisi, ambisi baik atau buruk, dampak ambisi, pengaruh ambisi, one piece, Monkey D Luffy, netflix, anime one piece, bajak laut, pirates, yesdok

Sobat Yesdok, memiliki ambisi merupakan hal yang harus ada dalam kehidupan anda. Karena dengan ambisi seseorang dapat meraih impiannya. Topik ambisi juga sering kali menjadi alur dari cerita sebuah film untuk membangkitkan semangat penonton. Salah satunya yaitu anime dan series One Piece yang sedang trending di Netflix belakangan ini. 
 

Luffy adalah pemeran utama dari karakter One Piece yang berambisi untuk menjadi raja bajak laut. Meskipun hal tersebut bertentangan dengan prinsip kakeknya yang merupakan seorang marinir, namun dirinya yakin akan menjadi bajak laut yang baik. Keyakinan ini disebut sebagai ambisi Luffy untuk mewujudkan impiannya. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Dampak Ambisi Bagi Psikis
 

Ambisi merupakan suatu keinginan dan tekad yang kuat oleh seseorang  untuk mencapai tujuan dan kesuksesan dirinya. Ambisi merupakan salah satu sikap positif yang dapat mendorong seseorang untuk berupaya mencapai mimpinya meskipun banyak rintangan yang  dihadapi kedepannya.
 

Selain itu ambisi juga mengacu pada hasrat yang menggebu-gebu dari seseorang untuk mencapai perbedaan, kehormatan, kekuasaan, dan prestasi yang dinilai cocok dengan kepribadiannya. Ambisi dipengaruhi oleh pemikiran dan persepsi, dalam upayanya ambisi harus dibarengi dengan ketekunan, strategi dan perjuangan yang maksimal agar tidak mudah dipatahkan. 

 

Menjadi ambisius dikaitkan dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi, karena ambisi yaitu kombinasi dari sifat komitmen, kompetitif, kepemimpinan, kepercayaan diri dan harapan. Namun pandangan terkait ambisi ini menuai pro dan kontra dari berbagai budaya dan tradisi  dalam suatu negara. Karena ambisi dimaknai sebagai obsesi yang berkonotasi negatif, artinya orang cenderung menghalalkan berbagai cara untuk mencapai tujuannya, meski harus merugikan orang disekitarnya.

 

Namun Aristoteles berpendapat bahwa ambisi memiliki pandangan yang berbeda tergantung bagaimana seseorang mengarahkan dirinya. Ambisi sehat yaitu upaya seseorang untuk mencapai prestasi dan penghargaan dengan cara yang baik dan adil. Sedangkan ambisi yang tidak  sehat berupa upaya toxic yang dipenuhi dengan nafsu, memperdaya orang lain, menghambat, merusak dan serakah.

 

Berikut ini dampak dari ambisi, antara lain:

 

  • Membantu seseorang mengambil kendali atas masa depannya
     
  • Mencegah sikap tidak konsisten dan tidak mandiri (bergantung dengan orang)
     
  • Memiliki visi misi yang jelas agar tidak mudah didoktrin dan dihancurkan
     
  • Menjadi pribadi yang lebih percaya diri, pantang menyerah dan berani
     
  • Menjadikan seorang yang ahli dalam strategi dan memimpin






 

REFERENSI

 

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/hide-and-seek/201411/is-ambition-good-or-bad

https://mind.help/topic/ambition/

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0001879121000488

 

YesDok Ads