LAKUIN 5 HAL INI AGAR REDAKAN BREAKOUT

March 07, 2024 | Dea

cara mengatasi breakout, cara atasi wajah breakout, cara mengatasi wajah breakout, cara mengatasi breakout dengan cepat, cara mengatasi breakout wajah, mengatasi wajah breakout, mengatasi wajah yang breakout, yesdok

Sobat Yesdok, jerawat adalah masalah kulit yang umum yang dapat mengganggu kepercayaan diri dan kenyamanan, dan meskipun biasanya muncul pada remaja, jerawat juga dapat muncul pada orang dewasa. Sebenarnya, ada beberapa tindakan mudah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi jerawat dan mencegahnya muncul kembali. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Cara Meredakan Breakout

Berikut adalah enam langkah yang dapat anda terapkan dalam rutinitas perawatan kulit, antara lain:
 

1. Menjaga Kebersihan Kulit

Menjaga kebersihan kulit adalah bagian penting dari mengatasi jerawat. Cuci wajah anda dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung minyak. Hindari sabun atau scrub yang keras karena dapat menyebabkan iritasi dan meningkatkan produksi sebum.
 

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Pilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit anda. Untuk menjaga kulit tetap lembab tanpa menyumbat pori-pori, gunakan pelembab yang ringan dan bebas minyak. Anda juga harus menggunakan produk yang mengandung bahan aktif seperti benzoyl peroxide atau asam salisilat, yang dapat mengurangi peradangan dan mengontrol produksi minyak.
 

3. Hindari Memencet Jerawat

Memencet jerawat dapat menyenangkan, tetapi dapat memperburuk peradangan dan meninggalkan bekas luka atau bintik hitam. Hindari kebiasaan ini dan biarkan jerawat sembuh sendirinya. 
 

4. Jaga Pola Makan yang Sehat

Untuk menjaga kesehatan kulit, anda harus menjaga pola makan yang sehat. Hindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh, dan lebih banyak makan makanan yang mengandung antioksidan dan nutrisi penting lainnya, seperti protein sehat dan buah-buahan dan sayuran.
 

5. Hindari Faktor Pemicu

Ada beberapa faktor pemicu yang dapat menyebabkan jerawat pada kulit, seperti stres, polusi udara, atau paparan sinar matahari yang berlebihan. Sebisa mungkin, hindari faktor-faktor ini atau gunakan perlindungan, seperti menggunakan tabir surya dan menjaga kulit anda tetap bersih.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter kulit agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12233-acne

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/10-tips-for-preventing-pimples

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321411#how-to-prevent-pimples

 

YesDok Ads