KURMA BISA MENINGKATKAN KESUBURAN? CARI TAHU 5 MANFAAT KURMA YUK!

October 24, 2023 | Dea

kurma, kesuburan, fertility, kesehatan, kehamilan, tulang, anemia, otak, seldarahmerah

Sobat YesDok, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah kurma. Kurma merupakan buah yang identik dengan daerah Timur Tengah dan buah yang wajib dikonsumsi saat bulan ramadhan dan khususnya menjadi oleh-oleh saat musim haji dan umroh tiba.

 

Meskipun bukan buah lokal Indonesia, namun kurma mudah dibeli di Indonesia karena permintaan dan konsumsi buah kurma yang meningkat. Meskipun rasanya sangat manis, namun buah ini tidak berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita diabetes loh sobat YesDok. Justru buah ini menjadi  obat dari segala jenis penyakit khususnya sangat berkhasiat bagi peningkatan kesuburan.


 

Oleh karena itu, simak manfaat kurma di bawah ini, sebagai berikut.






 

5 Manfaat Buah Kurma



 

Kurma (Phoenix dactylifera) merupakan buah yang tumbuh pada daerah yang kering dan tandus di Timur Tengah ataupun jazirah Arab. Buah kurma mengandung elektrolit, potassium, dan kalium. 
 

Buah kurma sangat baik bagi kesehatan kinerja jantung, fungsi otak, dan peningkatan stamina tubuh. Terdapat fruktosa dan glukosa dalam kandungan kurma yang merupakan sumber energi. Kurma mengandung kalori, lemak, karbohidrat, serat, gula, protein, vitamin, zat besi magnesium, dan potassium. 


 

Berikut ini manfaat buah kurma, antara lain:

 

  • Meningkatkan Kesuburan
     

Dianjurkan bagi anda khususnya pasutri baru untuk mengonsumsi buah kurma karena dapat meningkatkan kesuburan tubuh. Kurma mengandung zat besi, serat dan antioksidan yang membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

 

  • Mencegah Anemia
     

Karena mengandung zat besi, kurma dapat membantu produksi sel darah merah dalam tubuh. Sehingga sangat bermanfaat baik khususnya bagi wanita yang sedang hamil dan terhindar dari kandungan yang lemah.

 

  • Menjaga Kesehatan Otak
     

Kurma mengandung Asam Folat, antioksidan dan zat besi yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel janin. Sehingga mencegah terjadinya kecacatan dan keguguran. Selain itu, dapat meningkatkan kecerdasan bagi janin.

 

  • Mencegah Diabetes
     

Kurma dapat menstabilkan gula darah, kurma mengandung kalori dan sedikit gula. Sehingga ibu hamil dapat menjadikan gula sebagai alternatif pengganti gula putih sehingga dapat menjaga kestabilan kadar gula darah dan mencegah keguguran.


 

  • Menjaga Kesehatan Tulang
     

Kurma dapat meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang, karena mengandung mineral, fosfor, magnesium, selenium, dan vitamin K yang diperlukan saat masa kehamilan.





 

REFERENSI


 

https://health.clevelandclinic.org/benefits-of-dates/

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/166/yuk-ketahui-manfaat-konsumsi-buah-kurm

https://www.verywellhealth.com/dates-benefits-7498192

YesDok Ads