KUKU TERLEPAS BISAKAH TUMBUH KEMBALI? SIMAK CARANYA YUK

November 14, 2023 | Dea

Kuku kaki terlepas, penyebab kuku lepas, waktu kuku tumbuh kembali, berapa bulan kuku tumbuh, kuku kaki, kuku tangan, kuku terjepit, kuku cedera, yesdok

Sobat Yesdok, apakah saat ini anda mengalami kuku yang terlepas? Umumnya sering terjadi pada jari kaki. Namun anda jangan khawatir karena kuku anda akan segera tumbuh kembali. Namun anda harus memperhatikan beberapa penyebabnya untuk mengetahui berapa lama kemungkinan tumbuh kembali. 

 

Oleh karena itu, simak penjelasannya di bawah ini, sebagai berikut.


 

Kuku Jari Terlepas
 

Kuku jari yang terlepas tentunya sangat mengkhawatirkan, pasalnya hal tersebut sangat menyakitkan dan sangat mengganggu penampilan seseorang. Banyak hal yang membuat kuku jari terlepas yaitu karena cedera dan infeksi. Peran kuku untuk melindungi jaringan lunak di bawahnya agar tetap aman. Ternyata kuku terbuat dari keratin protein yang sama dengan rambut dan kulit.
 

Kuku yang terlepas dapat kembali tumbuh setelah 6 bulan hingga 18 bulan lamanya. Berikut ini penyebab dan waktu pertumbuhan kembali kuku setelah terlepas, antara lain:
 

  • Akibat Trauma
     

Kuku mengalami trauma karena terjepit atau terhantam sesuatu, biasanya akan menjadi menghitam setelahnya terlepas.  Pertumbuhan kembali kuku memakan waktu hingga 6 bulan lamanya.

 

  • Akibat Jamur
     

Kuku terinfeksi jamur karena sering mengenakan sepatu atau kaos kaki basah dalam waktu lama. Kondisi ini membuat kuku menjadi kuning,  gelap dan rapuh. Kondisi ini  memakan waktu hingga 12 bulan.




 

REFERENSI


 

https://www.healthline.com/health/how-long-does-it-take-for-a-toenail-to-grow-back#regrowth-timeline

https://balancehealth.com/resources/if-i-have-my-fungal-toenail-removed-will-the-fungal-nail-grow-back/

 

YesDok Ads