KOLESTEROL NAIK! INI 5 BUAH PENURUN KOLESTEROL

September 25, 2023 | Dea

buah, kolesterol, darah, apel, semangka, tomat, pisang, pepaya

Sobat YesDok, pasti anda pernah mengalami tubuh yang tiba-tiba lemas dan pusing setelah mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dalam jumlah yang banyak. Sehingga membuat anda segera mencari-cari obat penurun kadar kolesterol.


Namun tahukah anda, bahwa ketergantungan dengan obat-obatan tidak berdampak baik bagi tubuh anda, sebaiknya anda mengubah kebiasaan ini dengan mengonsumsi buah-buahan sebagai penetralisir kolesterol anda, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



5 Buah Penurun Kolestrol


Berikut ini merupakan buah-buahan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda, antara lain:


1. Pepaya

Buah ini tinggi akan serat, vitamin C dan antioksidan yang dapat mencegah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu manfaat lainnya dapat melancarkan pencernaan, baik bagi pertumbuhan rambut, dan kesehatan jantung.



2. Pisang

Pisang mengandung zat inulin yang dapat mengontrol kadar kolesterol agar tetap stabil. Kadar kolesterol dapat dikendalikan dengan cepat jika mengonsumsi pisang.


3. Tomat

Tomat mengandung vitamin B, kalium, dan senyawa likopen yang dapat menambah kadar lipid yang ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat. Likopen merupakan antioksidan penting untuk mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.


4. Apel

Buah ini mengandung zat beta glucan yang berfungsi untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Apel juga dapat mencegah arteri mengeras dan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.


5. Semangka

Buah ini sangat populer bagi berbagai kalangan karena dapat menghilangkan rasa haus dan sangat menyegarkan di tenggorokan. Selain itu, semangka mengandung likopen sama halnya seperti tomat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.





REFERENSI


https://ayosehat.kemkes.go.id/menurunkan-kolesterol-tinggi-secara-alami-dengan-5-buah-buahan-berikut

https://www.health.harvard.edu/heart-health/11-foods-that-lower-cholesterol

YesDok Ads