KENAPA SIH LUKA SULIT SEMBUH? CARI TAHU SEBABNYA YUK!

November 09, 2023 | Dea

luka, luka pada kulit, luka bakar, luka memar, luka berdarah, luka bernanah, cara menghilangkan bekas luka, cara agar luka cepat sembuh, penyebab luka sulit sembuh, yesdok

Sobat Yesdok, anda pasti bertanya-tanya kenapa sih saat kulit anda terluka malah sulit sembuhnya. Hal ini tentunya membuat anda  menjadi tidak nyaman dan merasa khawatir apa yang sebenarnya terjadi pada diri anda.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.





 

5 Penyebab Luka Sulit Sembuh

 

Berikut ini penyebab mengapa luka sulit sembuh, antara lain:
 

  • Usia
     

Fase penyembuhan menjadi lebih lambat seiring bertambahnya usia. Kulit menjadi lebih tipis dan terjadi penurunan respon pada tubuh. Hal ini dapat memperlambat proses regenerasi pada kulit yang terluka atau cedera. Mulai dari luka yang terbuka hingga memar.
 

  • Diabetes
     

Faktor penyakit ini sangat mempengaruhi penyembuhan luka, penderita diabetes tubuhnya akan kesulitan menyembuhkan luka. Hal ini biasanya menyebabkan infeksi, sepsis atau nekrosis. Selain itu, jumlah trombosit yang menurun akibat diabetes menyebabkan luka sulit beregenerasi.

 

  • Kelembaban Kulit yang Buruk
     

Kulit yang kurang kelembabannya atau cenderung kering dapat menyebabkan lesi, infeksi dan penebalan kulit hal tersebut mengganggu proses penyembuhan luka. Namun kulit yang basah juga harus dihindari dalam proses regenerasi sel, karena dapat memicu peningkatan bakteri hingga menyebabkan nanah.

 

  • Efek Samping Obat 
     

Beberapa obat dapat menyebabkan efek samping bagi tubuh, Menurut American Academy Of Orthopedic Surgeon,  obat anti inflamasi non steroid seperti aspirin, ibuprofen dapat mengganggu tahap peradangan dalam proses penyembuhan luka. Antikoagulan dapat mengganggu proses pembekuan darah dan imunosupresan dapat menurunkan imun tubuh serta resiko infeksi. 


 

  • Kekurangan Nutrisi
     

Karena tubuh membutuhkan nutrisi dan gizi yang baik dalam proses penyembuhan luka, seperti vitamin D, protein, serat yang membantu regenerasi kulit. Luka akan sembuh dengan lama jika tubuh kekurangan asupan nutrisi, sehingga melambatnya proses pertumbuhan sel atau regenerasi.





 

REFERENSI


 

https://www.woundcareinc.com/resources/factors-that-affect-wound-healing

https://www.news-medical.net/health/Hard-To-Heal-Wounds.aspx

 

YesDok Ads