KENAPA SIH ANTI DITOLONG, KEMUNGKINAN KAMU ALPHA FEMALE ? COBA CEK DISINI!

October 08, 2023 | Dea

alphafemale, feminin, maskulin, independent, wanita, kuat, hebat, dominan, sukses, careerwoman, growthmindset

Sobat YesDok, pernahkah anda bertemu dengan seorang wanita yang terlihat sangat mandiri dan mudah mengatasi segala masalah yang sulit umumnya bagi wanita lainnya. Ia juga memiliki jiwa kompetitif yang di atas rata-rata dan selalu mudah dikenali dan dominan di sekitar lingkungannya.


 

Tipe wanita ini sangat tegas dan tidak takut jika dianggap aneh dan berlebihan, karena ia memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan memiliki latar belakang dan skema dari setiap perkataan, keputusan dan tindakan yang ia ambil.


 

Ia tidak mudah goyah dan tidak mudah berkecil hati atas segala hal buruk yang menimpanya. Sehingga, ia akan terlihat sangat tangguh dan kuat layaknya kepribadian seorang pria. Wanita dengan kepribadian seperti ini adalah seorang Alpha Female. Untuk mengetahui lebih dalam, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 





 

Mengenal Alpha Female




 

Alpha female merupakan seorang wanita dengan tingkat kepercayaan diri yang sangat tinggi dibanding dengan orang disekitarnya. Karakteristiknya yang memiliki perpaduan antara sifat maskulin dan feminin dalam satu waktu. 

 

Namun, berdasarkan penelitian bukan berarti wanita alpha sama saja dengan pria, dirinya hanya memiliki sifat maskulin yang lebih tinggi dibanding wanita pada umumnya, tetapi sifat feminin dirinya sama dengan sifat  wanita pada umumnya.


 

Beberapa sifat maskulin yang dominan alpha female miliki yakni diatas rata-rata jika dibandingkan dengan wanita lainnya, seperti jiwa kepemimpinan, kekuatan, introversi, harga diri, kepuasan hidup, gairah seksual dan akademis yang diatas rata-rata. 


 

Eksistensi wanita alpha sangat memberikan pengaruh yang besar bagi sekitarnya dalam penetapan visi-misi, pengembangan kelompok dan selalu menjadi pemimpin. Sosok alpha female dianggap sebagai sosok profesional dengan sisi feminin yang seksi.






 

Ciri - Ciri Alpha Female



 

Berikut ini ciri-ciri seorang wanita dengan kepribadian alpha, antara lain:

 

  • Seorang pekerja keras dan punya tujuan hidup


 

Alpha female selalu menyusun rencana dan skala prioritas dalam jangka waktu pendek dan panjang dalam hidupnya. Hal ini meliputi aspek pekerjaan, kehidupan personal dsb. Ia juga seorang yang sangat berusaha keras dalam mewujudkan impiannya.




 

  • Sosok yang pemberani


 

Ia sosok yang tenang dan menganggap eksistensi orang lain dalam hidupnya tidak terlalu mempengaruhi kinerja dan cara berpikirnya. Ia memaklumi bahwa people come and go, sehingga ia tidak pernah menggantungkan dirinya kepada siapapun yang pada akhirnya membuat dirinya tidak mudah terinfluensi dengan fenomena FOMO.




 

  • Seorang pemimpin yang bijaksana


 

Wanita alpha selalu menjadi pemimpin dalam suatu kelompok, karena dirinya memiliki sikap ambisius dan seorang growth mindset. Orang di sekitarnya menaruh kepercayaan terhadap kepemimpinannya dan sangat mudah diandalkan serta diplomatis. 




 

  • Selalu menjadi pusat perhatian

     

Seorang alpha female sangat mencolok dan selalu menjadi pusat perhatian dalam konotasi yang baik. Ia mampu beradaptasi dengan siapapun yang berada disekitarnya bahkan dengan orang yang baru ia kenal. Sehinga kepribadiannya sangat menyenangkan, namun sangat dihormati.





 

  • Seorang yang selalu hidup diluar zona nyaman


 

Seorang alpha female sangat menyukai tantangan dan berani mengambil resiko dalam hidupnya. Ia mempercayai bahwa seseorang tidak akan bisa sukses jika tidak pernah berani mengambil resiko. Kecerdasaan emosional dan akademik yang diatas rata-rata membuat dirinya pandai dalam mengontrol diri dengan seimbang. Ia seorang yang mampu berkomunikasi dengan baik dan sangat menghargai orang lain, sehingga pandai menyesuaikan diri di berbagai kalangan atas hingga bawah tanpa merendahkan siapapun.





 

Namun seorang alpha female sangat sering disalah pahami karena penampilannya yang cenderung terlihat kuat dan elegan. Sehingga setiap orang memiliki pandangan kesan pertama takut terhadap dirinya karena citra dirinya yang sangat luar biasa memukau, profesional dan dianggap sulit untuk digapai. 



 

Karena citra ini, umumnya seorang alpha female  sangat kesulitan dalam menemukan pasangan yang tepat baginya. Sehingga dirinya lebih memilih menyendiri dalam waktu yang lama karena tidak pernah mengizinkan dirinya untuk menurunkan standar nya.






 

REFERENSI


 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6461231/

https://journalofleadershiped.org/jole_articles/college-student-leaders-meet-the-alpha-female/

https://www.lifehack.org/articles/communication/10-signs-you-are-alpha-woman.html

YesDok Ads