KENAPA SERING TELAT MENSTRUASI? SIMAK 5 PENYEBABNYA YUK

March 04, 2024 | Dea

penyebab menstruasi telat, menstruasi telat, kenapa menstruasi telat, menstruasi telat 1 minggu, telat menstruasi apakah hamil, cara mempercepat menstruasi yang telat, faktor telat menstruasi, yesdok

Sobat Yesdok, Sebagian besar wanita mengalami telat menstruasi, yang dapat menyebabkan kecemasan dan bertanya-tanya tentang penyebabnya. Menjaga keseimbangan hormon dan siklus menstruasi yang sehat juga penting untuk kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

5 Penyebab Menstruasi Telat

Berikut adalah lima penyebab umum telat menstruasi yang perlu anda ketahui, antara lain:
 

1. Stres

Stres berlebihan dapat memengaruhi siklus menstruasi. Stres yang disebabkan oleh berbagai sumber, seperti pekerjaan, hubungan, atau masalah keuangan, dapat mengganggu keseimbangan hormon tubuh, menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi anda, termasuk keterlambatan menstruasi.
 

2. Perubahan Berat Badan

Siklus menstruasi dapat dipengaruhi oleh perubahan berat badan yang signifikan, baik peningkatan maupun penurunan berat badan. Kondisi ini terkait dengan perubahan hormon dalam tubuh, yang dapat mengganggu keseimbangan siklus menstruasi anda.
 

3. Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), hipotiroidisme, atau gangguan hormonal lainnya, dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi. Kondisi medis ini mempengaruhi produksi hormon tubuh, yang dapat mengganggu siklus menstruasi.
 

4. Obesitas

Siklus menstruasi wanita juga dapat dipengaruhi oleh obesitas atau kelebihan berat badan. Lemak berlebih dalam tubuh dapat menghasilkan hormon tambahan, yang dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan menstruasi terlambat atau perubahan lain pada siklus menstruasi.
 

5. Pola Makan dan Olahraga yang Tidak Sehat

Siklus menstruasi juga dapat dipengaruhi oleh pola makan yang tidak sehat atau olahraga yang berlebihan. Kurangnya nutrisi yang tepat atau terlalu banyak aktivitas fisik dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, yang dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.medicalnewstoday.com/articles/318317#4-Obesity

https://www.healthline.com/health/womens-health/why-is-my-period-late

https://www.womenspelvicsurgery.com/blog/why-is-my-period-late-5-possible-causes

 

YesDok Ads