KENAPA KULIT CEPAT KERIPUT? SIMAK 5 PENYEBABNYA YUK

March 06, 2024 | Dea

penyebab tangan keriput, penyebab kulit keriput, penyebab tangan cepat keriput, penyebab tangan keriput di usia muda, penyebab keriput di bawah mata, penyebab kulit tangan keriput di usia muda, yesdok

Sobat Yesdok, kulit yang halus dan bersinar seringkali menjadi tanda kesehatan dan kecantikan. Namun, seiring bertambahnya usia, kulit cenderung mengalami perubahan, termasuk munculnya keriput. Keriput adalah lipatan atau garis di permukaan kulit, dan beberapa faktor dapat mempercepat proses ini. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



5 Penyebab Cepat Keriput

Berikut adalah lima penyebab umum dari munculnya keriput, antara lain:
 

1. Penuaan Alami

Penyebab utama keriput pada kulit adalah penuaan. Kulit kehilangan kelembutan dan kekenyalan karena produksi kolagen dan elastin berkurang seiring bertambahnya usia. Akibatnya, garis-garis halus dan kerutan mulai muncul, terutama di area wajah, leher, dan tangan yang sering terkena sinar matahari.
 

2. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari berlebihan dapat merusak struktur kulit dan menyebabkan kerusakan. Sinar matahari menyebabkan kerusakan oksidatif dan kerusakan kolagen dan elastin kulit, yang mempercepat proses penuaan. Untuk melindungi kulit dari kerusakan ini, anda harus menggunakan tabir surya secara teratur dan menghindari paparan langsung sinar matahari.
 

3. Merokok

Merokok adalah penyebab utama keriput pada kulit. Rokok mengandung zat kimia yang dapat membekukan pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke kulit, dan merusak kolagen dan elastin, membuat kulit terlihat lebih tua dan keriput lebih cepat.
 

4. Pola Makan yang Tidak Sehat

Makan makanan olahan yang banyak lemak jenuh dan gula dapat mempercepat penuaan kulit dan munculnya keriput. Makan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya protein dan antioksidan membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.
 

5. Kurangnya Perawatan Kulit yang Tepat

Seseorang dapat menjadi lebih rentan terhadap keriput jika mereka tidak melakukan perawatan kulit yang tepat, seperti menggunakan pelembab yang tidak cukup, membersihkan makeup dengan benar, atau menggunakan tabir surya secara teratur. Melakukan perawatan rutin dengan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit mereka dan melindunginya dari faktor-faktor eksternal dapat membantu mengurangi risiko munculnya keriput.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/wrinkles

https://wexnermedical.osu.edu/blog/stop-doing-these-6-things-that-cause-wrinkles

https://www.aarp.org/health/healthy-living/info-2022/what-causes-wrinkles.html

 

YesDok Ads