KENALI CIRI KECERDASAN VISUAL SPASIAL

September 29, 2023 | Dea

kecerdasan, visual, spasial, parenting, polaasuh, anak, bakat, minat, seni, desain, kreativitas

Sobat YesDok, anda pastinya sudah tahu bahwa kemampuan belajar setiap anak itu berbeda-beda dan sebagai orang tua, anda tidak boleh menyamaratakan apalagi membanding-bandingkan kecerdasan anak anda dengan orang lain.


 

Hal ini tentu saja dapat membunuh mental anak dan kemampuan kognitifnya, sehingga dapat membuatnya menjadi anak yang tidak bertanggung jawab dan memiliki kecerdasan emosional yang rendah di masa depan.


 

Tahukah anda bahwa kecerdasan itu terbagi dalam beberapa klasifikasi, salah satunya yang paling mudah dikenali ciri khasnya yaitu kecerdasan visual spasial. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus lebih peka dan mengerti menetapkan metode belajar pada anak dengan kemampuan ini.


 

Simak beberapa cirinya di bawah ini, sebagai berikut.

 

 


 

3 Tanda Kecerdasan Visual Spasial 


 

Kecerdasan visual spasial merupakan kemampuan dalam memvisualisasikan sesuatu, mengingat dan berpikir secara visual di dalam otaknya. Kemampuan ini didominasi dengan peran otak kanan dalam media visual seperti, memahami diagram, peta, infografis, lukisan, pola, dsb.


 

Anak dengan kemampuan ini berpikir lebih kompleks dibanding anak lainnya. Karena dirinya melihat dan memahami segala sesuatu dari berbagai sudut pandang. Karena sifatnya dinamis dan eksploratif, membuatnya lebih sulit untuk ditebak dan dipahami oleh orang tua.

 

Kemampuan ini juga dikategorikan sebagai bakat dari lahir, karena lebih erat dengan keterampilan seperti gerakan tarian dan menggambar. Meskipun lebih dekat dengan unsur seni, bukan berarti anak yang terlahir dengan kemampuan ini tidak bisa memahami ilmu eksakta seperti matematika. 


 

Karena kemampuannya yang cepat tanggap dalam penyelesaian masalah seperti, menyusun puzzle, merancang, dan memprediksi. Membuat kemampuan ini sebagai kecerdasan multitalenta.



 

Tanda Kecerdasan Visual Spasial



 

Berikut ini beberapa tanda dari anak yang memiliki kecerdasan visual spasial, antara lain:

 

  • Tertarik mempelajari seni dan desain
     
  • Berpikir dan mengingat secara visual
     
  • Mahir menerjemahkan diagram dan peta
     
  • Lebih kreatif dan spontan

 

  • Mudah meniru gerakan dan suara

 

  • Mudah mengingat dan mengkombinasikan warna

 

  • Gemar memperhatikan sekitar terutama pada struktur dan bentuk
     
  • Tidak mudah ditebak keinginannya
     
  • Selalu mendeskripsikan hal daripada penjelasan berurutan /sistematis





 

Oleh karena itu sebagai orang tua sebaiknya anda menuntun anak anda sesuai dengan kemampuan dan minat yang ditampilkan. Jangan pernah sekalipun mematahkan harapannya dan mengubahnya menjadi sesuai kehendak anda. 


 

Karena setiap anak terlahir spesial dan cerdas. Tugas anda adalah memberikan bimbingan serta dukungan moral dan materi, sehingga anak anda dapat berkembang dan menjadi ahli di bidangnya di masa depan.



 

REFERENSI

 

https://www.understood.org/en/articles/visual-spatial-processing-what-you-need-to-know

YesDok Ads