KENALI 7 PENYEBAB NEURAL TUBE DEFECT (NTD) PADA BAYI YUK

January 17, 2024 | Dea

kelainan tuba saraf, penyebab neural tube defects, signs of neural tube defects in pregnancy, neural tube defects causes, neural tube defects types, neural tube defects symptoms, ntd bayi, yesdok

Sobat Yesdok, Pernahkah Anda mendengar kata "Kelainan Tuba Saraf" (NTD)? merupakan kelainan kongenital yang dapat memengaruhi perkembangan tabung saraf janin. Artikel ini akan membahas tujuh penyebab NTD yang harus dikenali.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Penyebab Neural Tube Defect (NTD)

Berikut ini beberapa penyebab NTD pada bayi yang perlu orang tua pahami, antara lain:


1. Kekurangan Asam Folat

Kekurangan asam folat adalah penyebab utama NTD. Asam folat adalah nutrisi penting yang diperlukan janin untuk membentuk sistem sarafnya, dan kekurangan asam folat selama kehamilan dapat meningkatkan risiko NTD.

 

2. Faktor Genetik

Mungkin ada dasar genetik di balik beberapa jenis NTD. Keluarga dengan riwayat NTD memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami masalah serupa pada generasi berikutnya. Menemukan faktor genetik dapat membantu pemantauan dan perawatan lebih lanjut.
 

3. Diabetes pada Ibu

Kondisi diabetes pada ibu, terutama diabetes sebelum kehamilan, dapat meningkatkan risiko NTD. Menjaga kontrol gula darah yang baik sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko ini.
 

4. Penggunaan Obat-obatan tertentu

Risiko NTD pada bayi dapat meningkat dengan beberapa obat, terutama obat anti kejang yang mengandung valproat. 
 

5. Paparan Zat Kimia Lingkungan

Paparan zat kimia seperti pestisida  atau toksin lingkungan dapat meningkatkan risiko NTD, jadi penting untuk menjaga kehamilan anda sehat.
 

6. Kondisi Kesehatan Ibu tertentu

Pemantauan kesehatan ibu dan manajemen kondisi medis sebelum dan selama kehamilan penting untuk mencegah risiko NTD pada bayi. Kondisi kesehatan ibu seperti obesitas atau penyakit autoimun tertentu dapat meningkatkan risiko ini.
 

7. Konsumsi Alkohol selama Kehamilan

Wanita hamil harus menghindari alkohol sepenuhnya untuk melindungi perkembangan janin mereka karena alkohol dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk risiko NTD.

Sangat penting untuk mengetahui penyebab Neural Tube Defects (NTD) pada bayi untuk mengurangi risiko dan bekerja sama dengan profesional medis untuk memastikan kehamilan yang sehat dan perkembangan bayi yang optimal.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22656-neural-tube-defects-ntd

https://www.nichd.nih.gov/health/topics/ntds/conditioninfo/causes

https://www.cdc.gov/ncbddd/birthdefects/facts-about-neural-tube-defects.html

YesDok Ads