KENALI 6 TANDA MENGIDAP PEMBESARAN PROSTAT YUK!

December 12, 2023 | Dea

Prostat, ciri ciri prostat, gejala prostat pada pria, letak prostat, radang prostat, apa itu prostat pada pria, ciri ciri kanker prostat, gangguan prostat, pencegahan prostatitis, gambar prostat, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa organ dalam sistem reproduksi, pria memiliki satu kelenjar yang krusial dalam menghasilkan sperma yaitu prostat. Selain itu kelenjar ini juga memberikan peranan penting dalam mengatur aliran urine. Namun sering kali terjadi masalah pada kelenjar tersebut, salah satunya yaitu ketika prostat membesar, misalnya akibat proses penuaan atau masalah kesehatan tertentu, dapat menyebabkan tekanan pada uretra dan mempengaruhi kemampuan pria untuk berkemih dengan normal.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Tanda Hiperplasia Prostat

Bagian dari sistem reproduksi pria, prostat adalah kelenjar kecil berbentuk buah kenari yang terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi uretra, saluran yang mengeluarkan urine dari kandung kemih. Prostat berfungsi untuk menghasilkan cairan yang merupakan bagian dari air mani. 

Zat-zat dalam cairan prostat membantu proses ejakulasi dan mendukung kelangsungan hidup sperma. Sangat penting untuk diingat bahwa prostat dapat mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti pembesaran prostat (juga dikenal sebagai hiperplasia prostat), peradangan prostat (juga dikenal sebagai prostatitis), dan kanker prostat. 

Oleh karena itu, memahami struktur dan fungsi prostat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mendeteksi masalah kesehatan yang berkaitan dengan organ ini sejak dini. Sistem reproduksi pria terdiri dari prostat, yang dapat mengalami berbagai masalah seiring berjalannya waktu. 
 

Berikut ini merupakan beberapa tanda seseorang mengidap pembesaran prostat, antara lain:

 

1. Kesulitan Berkemih

Kesusahan berkemih adalah salah satu tanda utama masalah prostat. Pria dengan masalah ini mungkin mengalami aliran urine yang lemah, perasaan tidak puas setelah buang air kecil, atau kesulitan memulai buang air kecil.
 

2. Perubahan Pola Buang Air Besar

Jika prostat besar, itu dapat menekan uretra, menyebabkan kesulitan untuk menahan kencing atau membuat Anda merasa perlu buang air besar lebih sering, terutama pada malam hari.
 

3. Nyeri atau Ketidaknyamanan

Rasa nyeri atau ketidaknyamanan pada panggul, pinggang, atau selangkangan dapat merupakan tanda masalah prostat, terutama dalam kasus prostatitis atau infeksi prostat.
 

4. Darah dalam Urine atau Air Mani

Kehadiran darah dalam urine atau air mani dapat menjadi tanda yang sangat berbahaya, terutama jika dikaitkan dengan kanker prostat. Orang yang melihat tanda-tanda ini harus segera berkonsultasi dengan dokter mereka.
 

5. Kesulitan Ereksi 

Fungsi seksual pria, termasuk masalah ereksi atau gangguan ejakulasi, dapat dipengaruhi oleh masalah prostat, seperti pembesaran prostat atau prostatitis.
 

6. Gejala Umum Lainnya

Kelelahan, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, atau kemerahan dan bengkak pada area tubuh tertentu adalah beberapa gejala umum lainnya yang dapat dikaitkan dengan masalah prostat.
 

Penting untuk diingat bahwa tanda-tanda ini dapat bervariasi dan beberapa mungkin terkait dengan masalah kesehatan lainnya. Jika Anda mengalami salah satu tanda ini, segera konsultasikan dengan dokter Anda untuk evaluasi lanjutan.

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi dokter spesialis urologi. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostate-cancer/symptoms-causes/syc-20353087

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/prostate-disease

https://www.nia.nih.gov/health/prostate-health/prostate-problems

 

YesDok Ads